Sukses

Lifestyle

Tips Efektif Mengeluarkan Ulat dari Sayuran Sebelum Dimasak

Ladies, pernah nggak kamu mendapati ulat yang ikut termasak dalam sayuran yang kamu olah? Duh, pastinya bikin selera makan hilang ya. Sayuran memang perlu dibersihkan sampai tuntas sebelum diolah.

Masalahnya, mengeluarkan ulat dari sayuran kadang bisa bikin stres sendiri. Apalagi kalau kita termasuk orang yang gampang geli dengan ulat, membersihkan sayuran bisa jadi perjuangan tersendiri. Tapi tenang saja, ada tips efektif yang bisa dicoba untuk mengeluarkan ulat dari sayuran. Yuk, simak penjelasannya di sini.

Bersihkan Sela-Sela Sayuran
Untuk aneka sayuran yang memiliki kuntum, kita memang perlu lebih bersabar saat membersihkannya. Perhatikan sela-sela daun dan batangnya, sebisa mungkin singkirkan kotoran atau ulat yang ada di dalamnya.

Dibilas dengan Air Mengalir
Nyalakan air keran, lalu bilas dan bersihkan sayuran dengan air yang mengalir. Sayuran yang memiliki rongga besar butuh waktu ekstra untuk membersihkannya. Seperti kangkung, selalu perhatikan rongganya karena bisa jadi ada ulat bahkan lintah yang bersembunyi di dalamnya. Jadi harus benar-benar teliti.

Membersihkan sayuran dari ulat./Copyright shutterstock.com

Rendam Sayuran dalam Air Garam Selama Beberapa Menit
Sebelum dimasak atau diolah, sayuran bisa direndam dulu dalam air garam selama beberapa menit. Kenapa air garam? Air garam ini diyakini bisa mengganggu keseimbangan tubuh atau metabolisme tubuh ulat sehingga membuatnya mati. Nantinya ulat yang mati bisa terlepas dan mengapung. Air bekas rendaman pun bisa langsung dibuang dan sayuran bisa dibilas lagi dengan air keran sampai bersih.

Rendam Sayuran dengan Air Cuka
Punya cuka masak di dapur? Bisa coba gunakan untuk mengeluarkan ulat dari sayuran. Caranya tinggal tambahkan 2 sdm cuka masak ke satu baskom air. Lalu rendam sayuran di dalamnya selama beberapa menit. Baru dibilas dengan air bersih sampai tuntas.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengeluarkan ulat dari sayuran yang akan diolah atau dimasak. Semoga tipsnya bermanfaat, ladies.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading