Sukses

Lifestyle

Santan Peras, Instan, dan Bubuk: Mana yang Paling Pas Untuk Masakanmu?

Santan merupakan salah satu bahan masakan yang sangat penting. Santan bakal membuat masakan terasa lebih gurih dan lezat. Nah, jika dulu santan hanya ada santan peras saja, kini seiring perkembangan teknologi memasak jadi lebih mudah Ladies. Ada banyak pilihan santan instan dan bubuk yang bisa kamu pakai untuk memasak tanpa harus repot-repot.

Tapi banyak timbul pertanyaan, meskipun sama-sama santannya, ketiga santan tersebut punya kegunaan yang berbeda lho. Yuk ketahui perbedaan santan-santan ini agar bisa memasak dengan lebih maksimal.

 

  • Santan murni atau santan peras ini terbuat dari parutan kelapa asli. Santan ini memiliki cita rasa yang paling baik dan bisa digunakan di semua masakan. Kelemahan dari santan ini adalah daya tahannya alias durasi penyimpanannya yang singkat.
  • Yang kedua ada santan instan. Santan ini punya tekstur yang lebih kental dibandingkan santan murni. Ini karena adanya tambahan guar gum atau sirup jagung. Kandungan ini bisa mengawetkan umur santan dan juga mengentalkan konsistensi santan. Santan ini sangat cocok untuk membuat berbagai masakan yang manis.
  • Last but not least ada santan bubuk. Santan ini dibuat dari kelapa yang melalui proses spray dryer (proses penguapan lalu dikeringkan dengan suhu yang sangat tinggi). Setelah melalui proses itu santan pun menjadi bentuk bubuk. Santan ini mudah larut seperti susu bubuk instan jika ditambahkan air hangat. Santan ini juga cocok untuk hidangan apapun.

Nah Ladies, itu tadi adalah perbedaan dari ketiga santan yang sering dipakai untuk memasak. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu bisa menyajikan berbagai masakan super lezat untuk setiap harinya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading