Sukses

Lifestyle

Agar Santan Awet & Tidak Mudah Basi, Begini Tips Menyimpannya

Santan merupakan salah satu bahan makanan yang pasti sudah dikenal dengan baik oleh semua orang. Terutama orang Indonesia yang notabenenya memang suka masak berbagai masakan dengan bahan tambahan berupa santan. Umumnya, santan digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai campuran dalam membuat hidangan yang gurih dan nikmat.

Santan juga menjadi salah satu bahan masakan yang penting. Saking pentingnya, tidak sedikit orang yang menyimpan santan dalam jumlah banyak. Tapi sayangnya, karena proses penyimpanan yang tidak tepat, santan pun mudah rusak dan basi. Lantas, bagaimana cara menyimpan santan yang tepat agar tidak mudah basi?

Simak cara menyimpan santan agar awet dan tidak mudah basi berikut ini.

  1. Di ruangan terbuka, santan hanya bisa bertahan kurang dari 1 hari. Jika ingin santan lebih awet, usahakan untuk menyimpannya di dalam lemari es tepatnya di freezer.
  2. Saat menyimpan santan, usahakan menyimpan santan di wadah yang tertutup rapat. Lebih baik jika kamu menyimpan santan di dalam plastik dan kedap udara. Hindari menyimpan santan di dalam wadah berbahan logam karena ini akan membuat aroma santan berubah. 
  3. Jika kamu punya banyak waktu, usahakan agar merebus santan hingga mendidih dan tunggu hingga dingin sebelum disimpan. Santan yang telah direbus sebelum disimpan akan lebih tahan lama dan memiliki kualitas baik. 
  4. Untuk santan kemasan, santan yang belum dibuka dari wadahnya bisa disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Sedangkan untuk santan kemasan yang sudah dibuka, simpan di freezer dan tempatkan di wadah tertutup.
  5. Untuk santan kelapa yang belum diperas dan dicampur air atau masih berupa kelapa parut, kamu bisa menyimpannya di dalam plastik kemudian di masukkan ke dalam lemari es. 
  6. Sedangkan untuk kelapa yang belum diparut tapi sudah dilepas dari batok kelapanya, agar tetap segar dan kandungan airnya tidak berkurang banyak, kamu bisa menyimpannya dengan merendamnya ke dalam air bersih.

Itulah beberapa tips mudah untuk menyimpan santan kelapa agar awet dan tidak mudah basi. Semoga tips ini bermanfaat. Semakin bijak dan cerdas dalam menyimpan berbagai bahan makanan di dapur ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading