Sukses

Lifestyle

Pertolongan Pertama Saat Menemukan Kebocoran Air di Dapur

Suara tetesan air yang berasal dari dapur seakan menjadi mimpi buruk buat Ladies. Selain dapat memicu genangan air yang kotor, juga dapat menimbulkan bau yang tak sedap jika dibiarkan. Agar aktivitas memasak tidak terganggu gunakan pertolongan pertama ini untuk menemukan kebocoran air yang ada dalam dapur.

Menemukan Sumbernya

Pertama, temukan sumber kebocorannya terlebih dahulu sebelum mencoba memperbaikinya. Jika terdengar tetesan air di wastafel maka bisa dipastikan kran air yang bermasalah.

Sedangkan jika di bawah wastafel terdapat genangan atau lembap, maka ada kemungkinan saluran pembuangan air tersumbat oleh kotoran-kotoran yang terbuang saat mencuci peralatan dapur. Selain itu, tembok yang terlihat lembap bahkan berjamur juga menjadi indikasi kebocoran pipa yang terjadi di dalam tembok.

Menangani Kran yang Bocor

Setelah beberapa lama digunakan kran di dapur dapat mengalami kebocoran. Walau keran sudah dimatikan, air tetap saja merembes ke luar atau menetes. Hal ini bisa disebabkan kerusakan pada keran itu sendiri atau adanya kebocoran pada bagian sambungan antara pipa air dan keran. Jika kondisi keran masih bagus, maka kemungkinan gangguan terjadi pada sambungan pipa air dan keran.

Lakukan pertolongan pertama dengan mematikan sumber air terlebih dahulu, lalu lepaskan keran dengan putaran berlawanan arah jarum jam. Kemudian lilitkan isolatif pipa pada drat keran minimal dua kali lilitan dan upayakan hasilnya merata. Terakhir, pasang kembali keran dengan memutarnya searah jarum jam lalu kencangkan dengan kunci pipa atau kunci pas.

Pipa Wastafel yang Tersumbat

Sering membuang sisa makanan dan sampah lainnya ke dalam wastafel atau tidak memasang saringan pada saluran wastafel dapat mengakibatkan sumbatan pada saluran pembuangan. Akibatnya, bukan hanya wastafel jadi sering tergenang, aliran ke pembuangan yang kurang lancar, hingga menyebabkan bau tak sedap dan bocor.

Jika hal ini terjadi, Ladies dapat mengecek dan membersihkan saluran pipa dengan cara mengeluarkan sisa makanan. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan pembersih baik kimia maupun alami yang akan menghilangkan sumbatan dengan sendirinya.

Sambungan yang Longgar

Keran dan saluran pembuangan juga bisa mengalami kebocoran jika ada sambungan yang longgar. Apalagi jika ada bagian yang terbuat dari logam yang rentan mengalami korosi atau karat. Jika hal ini terjadi, cukup kencangkan dengan menggunakan kunci pas. Selain itu, jika kondisi logam sudah rusak, ini waktunya untuk menggantinya dengan yang baru.

Dapur yang bocor tentunya membuat aktivitas Ladies selama di dapur jadi terganggu. Untuk mengatasi hal-hal ini terjadi kembali di kemudian hari, selalu bersihkan saluran pembuangan air dan segera lakukan perbaikan jika ada air yang merembes. Pastikan menggunakan pipa air terbaik dari RUCIKA, seperti pipa PVC atau pipa HDPE untuk mengalirkan air bersih atau saluran pembuangan. Pipa HDPE sendiri lebih sering digunakan untuk proyek PDAM, perairan, dan irigasi. 

Khusus untuk pipa yang digunakan instalasi dapur, RUCIKA STANDARD adalah pilihan yang tepat karena digunakan untuk sistem air bersih dan buangan di rumah. Harga pipa lebih terjangkau, tapi tetap menawarkan kualitas untuk membuat instalasi air yang lebih awet. Selain itu, pipa ini memiliki keunggulan dibandingkan bahan polimer lainnya, yaitu lebih kuat, ringan, tahan terhadap korosi, dan nggak ketinggalan mudah dalam melakukan pemasangan serta perawatan.

Dengan RUCIKA, kamu bisa meminimalisir kebocoran saluran air di rumah, Ladies! Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/eth/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading