Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Nasi Goreng Enak yang Lebih Sehat dan Rendah Kalori

Siapa nih yang makanan favoritnya nasi goreng? Di Indonesia, nasi goreng memiliki banyak variasi. Dari nasi goreng sederhana dengan telur ceplok hingga nasi goreng dengan tambahan aneka daging dan sayur.

Cuma kadang saat menikmati nasi goreng kita khawatir soal jumlah kalorinya. Apalagi buat yang lagi diet, rasanya jadi harus mati-matian menahan diri dari godaan nasi goreng. Tapi ternyata ada tips yang bisa kita ikuti untuk membuat sajian nasi goreng enak yang lebih sehat dan rendah kalori. Yuk, langsung saja ikuti tips-tipsnya di bawah ini.

1. Pakai nasi dingin (nasi kemarin)
Diyakini bahwa nasi dingin atau nasi kemarin, kandungan kalorinya lebih rendah, yaitu 60% lebih sedikit. Selain itu nasi kemarin yang dingin juga memiliki tekstur yang lebih renyah sehingga lebih enak saat diolah jadi nasi goreng. Kalau nasi yang dipakai adalah nasi yang baru matang dan lembek, pastinya teksturnya juga kurang pas saat diolah jadi nasi goreng.

2. Gunakan minyak, bukan mentega atau margarin
Mentega atau margarin memiliki kandungan lemak dan kalori yang diklaim lebih tinggi daripada minyak goreng biasa. Jadi kalau ingin nasi goreng buatanmu rendah lemak, gunakan saja minyak goreng biasa. Gunakan juga wajan anti lengket sehingga kamu tak perlu memakai minyak goreng dalam jumlah banyak.

Gunakan minyak secukupnya./Copyright pixabay.com

3. Hindari penggunaan bumbu instan atau penyedap rasa
Sangat disarankan untuk menggunakan bumbu segar. Untuk nasi goreng, bumbu dasar yang biasa digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, dan cabai serta garam. Kalau ingin lebih gurih, bisa ditambahkan kemiri atau terasi. Sebisa mungkin hindari penggunaan penyedap rasa atau bumbu instan. Lebih baik pakai bumbu hasil ulekan sendiri karena rasanya akan lebih sedap dan bisa gampang menyerap pada nasi.

4. Tambahkan banyak sayur
Imbangin kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi goreng dengan menambahkan banyak sayur. Kita bisa menggunakan sayur sawi, kubis, wortel, hingga kacang polong untuk meningkatkan kandungan serat pada sajian nasi goreng yang kita buat. Protein seperti telur dan ikan juga bisa ditambahkan untuk memperkuat cita rasanya.

Yang tak kalah penting dari tips-tips di atas adalah konsumsilah nasi goreng secukupnya, ya ladies. Tetap perhatikan komposisi, kandungan, dan cara pengolahannya juga untuk menghasilkan nasi goreng yang sehat. Semoga tipsnya bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading