Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Sayur Agar Nutrisi & Vitaminnya Tidak Berkurang Banyak

Sayur-sayuran merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang menyehatkan buat tubuh. Di dalam sayuran juga mengandung berbagai sumber vitamin yang bermanfaat mengagumkan untuk kesehatan maupun kecantikan. Jadi, penting bagi kita untuk mengonsumsi dan mengolah sayuran dengan baik serta benar agar nutrisinya menyehatkan tubuh secara maksimal.

Dilansir dari laman stylecraze.com, agar nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam sayur tidak berkurang banyak, cara memasak sayur harus dilakukan dengan benar. Hindari memasak sayur dalam waktu terlalu lama. Hindari juga memasak sayur dengan cara direbus hingga lunak atau bahkan lembek karena ini akan mengurangi kadar nutrisi dan vitaminnya.

Begini cara memasak sayur yang benar agar nutrisi dan vitaminnya tidak berkurang banyak.

Masak dengan Cara Ditumis
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempertahankan nutrisi serta vitamin dalam sayur adalah dengan cara menumis sayur. Memasak sayur dengan cara ditumis tak hanya sehat tetapi juga bikin masakan sayuran lebih enak dan lezat.

Gunakan Minyak Sayur Untuk Memasak Sayur
Untuk memasak tumis sayur, disarankan agar kamu menumisnya dengan minyak sayur. Minyak sayur bermanfaat mempertahankan warna hijau sayur dan rasa sayur yang khas. Meski begitu, hindari menggunakan minyak sayur secara berlebihan karena ini justru tidak baik buat kesehatan.

Gunakan Bumbu yang Masih Segar
Usahakan untuk menggunakan bumbu sayur yang masih segar setiap kali memasak sayur. Bumbu yang masih segar atau baru tidak hanya membuat masakan terasa lebih nikmat tetapi juga lebih sehat. Dibandingkan memasak sayur dengan bumbu olahan atau bubuk, lebih baik menggunakan bumbu yang masih segar dan diolah sendiri di rumah.

Hindari Memotong Sayur dengan Ukuran Terlalu Kecil
Mulai sekarang, hindari memotong sayuran dengan ukuran yang terlalu kecil. Ukuran yang terlalu kecil bisa membuat nutrisi dan vitamin pada sayur berkurang lebih cepat saat dimasak. Potong juga sayuran setelah dicuci. Mencuci sayuran setelah dipotong justru akan membuat rasa dan nutrisi sayur berubah.

Itulah cara memasak sayur agar nutrisi dan vitaminnya tidak berkurang banyak. Oh iya, hindari juga memasak sayuran dalam waktu terlalu lama. Paling lama, waktu memasak sayur adalah 10 menit. Memasak sayur terlalu lama justru akan membuat rasa sayuran berubah, nutrisinya berkurang dan rentan menyebabkan munculnya zat berbahaya di dalamnya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Makin rajin memasak dan mengonsumsi sayur untuk dapatkan tubuh sehat ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading