1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

11 Jenis Buah, Sayur, dan Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan dalam Kulkas

Senin, 12 Februari 2018 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Yang tidak disimpan di kulkas./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Selama ini kita sering beranggapan bahwa semua makanan harus disimpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Tapi ternyata ada beberapa jenis buah, sayur, dan bahan pangan yang sebaiknya tak disimpan dalam kulkas karena berbagai alasan.

Saatnya untuk menata ulang isi kulkas, ladies. Berikut ini 11 jenis bahan pangan yang sebaiknya tak disimpan dalam kulkas menurut shape.com.sg. Yuk, langsung kita ikuti info selengkapnya di sini.

1. Buah pisang
Buah tropis yang satu ini sulit matang dalam suhu dingin. Tak hanya itu saja, kelembapan kulkas pun malah bisa membuat buah pisang cepat busuk.

2. Kentang
Kentang sebaiknya disimpan di area yang kering dan sejuk. Menyimpannya dalam kulkas bisa membuat kandungan patinya terpecah menjadi gula, sehingga membuat rasanya jadi kurang enak.

3. Aneka semangka dan melon
Yang ini cukup mengejutkan karen buah semangka dan melon justru paling segar dinikmati dalam keadaan dingin. Tetapi buah semangka, melon, dan blewah bisa kehilangan rasa dan kandungan antioksidannya di dalam kulkas. Kalaupun disimpan di dalam kulkas, sebaiknya tidak dibiarkan dalam waktu lama.

4. Roti
Menyimpan roti dalam kulkas akan membuatnya kehilangan kelembapannya. Roti pun jadi keras dan apek kalau disimpan dalam kulkas terlalu lama.

Cek lagi mana yang sebaiknya disimpan dan tidak disimpan di kulkas./Copyright shutterstock.com

5. Buah tomat
Buah tomat bisa terhambat proses kematangannya bila disimpan dalam kulkas. Bahkan suhu dingin kulkas bisa membuat buah tomat keriput dan kehilangan kandungan airnya. Akhirnya buah tomat jadi tidak terasa segar lagi.

6. Buah alpukat
Seperti buah pisang dan tomat, buah alpukat lebih cepat matang bila disimpan di suhu kamar. Menyimpannya di dalam kulkas hanya akan menghambat proses kematangannya.

7. Selai kacang
Tekstur selai kacang bisa berubah keras bila disimpan dalam kulkas. Kalau ingin tekstur creamy dan lembutnya terjaga, simpanlah di suhu kamar.

8. Sereal
Agar kerenyahan sereal tetap terjaga, simpan di area sejuk dan kering. Menyimpannya di kulkas hanya akan membuat tekstur renyahnya berkurang. Sebaiknya simpan dalam lemari atau wadah tertutup rapat.

9. Bawang bombay
Bawang bombay bisa jadi lembek saat disimpan dalam kulkas. Tak hanya itu saja, baunya yang menyengat pun bisa merusak aroma makanan lain yang disimpan dalam kulkas.

10. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan rentan menyerap aroma dari makanan lain di dalam kulkas. Sehingga cita rasanya bisa rusak. Agar tekstur dan rasanya tetap terjaga, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat.

11. Bawang putih
Tunas bawang putih bisa lebih cepat tumbuh bila disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya bawang putih disimpan di tempat yang kering dan sejuk untuk mencegah tumbuhnya jamur atau bertunas.

Sekarang yuk coba cek lagi isi kulkas. Saatnya untuk memilah-milah lagi mana yang sebaiknya disimpan dan tidak disimpan di dalam kulkas. Semoga infonya bermanfaat, ladies!


(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips
  2. Tips Dapur
Halangi Bajaj, Pejalan Kaki Tiduran di Trotoar