Sukses

Lifestyle

Menakar Air yang Pas untuk Menanak Nasi Pulen, Pakai Jari Saja!

Saat akan menanak nasi, seringkali kita bingung menentukan takaran airnya yang pas. Kalau airnya kurang, nasi jadi kering. Kalau airnya kebanyakan, nasi jadi lembek.

Tapi tenang saja. Ada trik mudah yang bisa langsung dicoba untuk menentukan takaran air yang pas untuk menanak nasi yang enak. Namanya trik jari. Kenapa disebut trik jari? Karena kita hanya perlu menggunakan jari kita untuk menentukan takaran yang tepat. Yuk, simak tipsnya lebih lanjut di sini.

Setinggi Sendi Pertama Jari Telunjuk
Masukkan beras. Lalu sentuhkan jari telunjuk di permukaan beras. Kemudian tuang air. Tuang air hingga tingginya menyentuh sendi pertama jari telunjukmu. Ketika jari yang kamu celupkan sudah terendam air setinggi sendi yang pertama, takaran airnya sudah pas. Jadi sudah siap untuk langsung ditanak.

Gunakan jari telunjuk./Copyright koreaboo.com

Sampai Telapak Tangan Tenggelam
Metode yang satu ini cukup mudah dilakukan. Selain pakai satu jari telunjuk, kita juga bisa menggunakan telapak tangan sebagai patokan takaran airnya. Jadi siapkan beras, sentuhkan telapak tangan di permukaan beras. Lalu tuang air hingga airnya membuat telapak tangan tenggelam sampai batas punggung sendi terakhir jari-jari tangan.

Pakai telapak tangan./Copyright mykoreankitchen.com

Tips Tambahan
Ada tips tambahan yang bisa dicoba untuk menghasilkan nasi yang pulen. Sebelum ditanak, rendam dulu beras selama 30 menit. Metode ini konon sering digunakan oleh orang-orang Jepang saat akan menanak nasi.

Beras direndam sebelum ditanak./Copyright koreaboo.com

Sekarang sudah nggak bingung lagi kan menentukan takaran yang pas untuk menanak nasi? Semoga tipsnya bermanfaat, ya ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading