Sukses

Lifestyle

Serba-Serbi Mengolah Jantung Pisang, Makanan Sederhana Kaya Rasa

Pisang adalah buah dengan sejuta keajaiban. Bukan hanya buahnya yang enak dan sehat dikonsumsi, melainkan juga batang, daun hingga bagian jantungnya yang dapat dimanfaatkan.

Bagi orang Indonesia, jantung pisang sudah biasa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Menjadi gulai, lodeh, tumisan sampai bothok. Tapi bagi pemula mengolah jantung pisang memang tak mudah karena jika tak benar, rasa pahit dan getirnya bakal membuat lidah kapok. Nah, bagaimana caranya>

Membersihkan jantung pisang

Rasa pahit yang timbul saat mengolah jantung pisang adalah karena getahnya. Setelah dicuci, rebus jantung pisang sampai setengah matang, baru kemudian diolah. Kalau kamu memetik sendiri jantung pisang yang masih fresh, sebaiknya rendam semalam dengan air agar kandungan getahnya berkurang kemudian cuci dan rebus sampai setengah matang.

Rendam jantung pisang dengan air garam

Untuk mengeluarkan getah yang terkandung dalam jantung pisang, rendam dalam air garam kurang lebih 30-45 menit. Garam akan mengeluarkan getahnya sehingga air perendam akan berwarna kehitaman. Jika airnya sudah keruh, cuci bersih dan siap diolah.

Mengupas dan memotong jantung pisang

Jantung pisang dibalut kulit berwarna merah keunguan. Agar bisa dikonsumsi, bagian kulitnya dikupas hingga muncul kulit pisang yang berwarna putih kekuningan. Potong simetris jantung pisang menjadi empat bagian lalu potong kecil-kecil.

Itu dia serba-serbi mengolah jantung pisang agar lebih nikmat dikonsumsi. Selain rasanya enak, jantung pisang ternyata juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti stroke dan diabetes. Bagaimana, apakah kamu penyuka jantung pisang?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading