KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Mengolah Rebung Agar Tidak Bau Pesing dan Pahit, Ternyata Begini Tipsnya

Senin, 08 Januari 2018 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Tips mengolah rebung./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Tunas bambu muda atau yang biasa disebut rebung memang bisa dijadikan aneka olahan lezat. Mulai dari dibuat tumis, gulai rebung hingga sebagai bahan isi lumpia. Tekstur dan rasanya yang khas memang membuat rebung memiliki penikmatnya sendiri.

Hanya saja ketika mengolah rebung, seringkali kita bingung untuk menghilangkan bau tak sedapnya. Bahkan kalau pengolahannya salah, rasa pahit rebung masih akan terasa. Tapi tenang saja. Agar rebung tidak berbau tanpa rasa pahit, ada sejumlah tips mudah yang bisa diikuti.

Rebus Hingga Empuk dan Buang Airnya
Ketika baru membeli rebung, sebaiknya langsung direbus terlebih dahulu. Rebus hingga empuk, setelah itu air rebusannya dibuang. Tiriskan dulu rebung yang sudah empuk, lalu cuci lagi sampai bersih. Rebung yang sudah matang ini pun siap diolah.

Kukus Rebung
Kalau tidak ingin rebung terlalu berair saat diolah, bisa kukus terlebih dahulu rebung. Cuci rebung lalu kukus sampai cukup empuk. Dengan cara ini bau "pesing" dan rasa pahit bisa hilang.

Ada banyak tips mengolah rebung./Copyright pixabay.com

Rendam dalam Air Garam
Coba rendam rebung dengan air garam selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci bersih. Baru setelah itu bisa direbus atau dikukus untuk kemudian diolah sesuai keinginan.

Rebus dengan Air Kelapa
Rebung yang sudah disimpan terlalu lama biasanya baunya akan lebih pekat. Kalau direbus dengan air biasa atau dikukus tak kunjung menghilangkan baunya, bisa coba rebus dengan air kelapa. Siapkan air kelapa secukupnya lalu gunakan sebagai air rebusan untuk merebus rebung. Cita rasa rebung mungkin agak sedikit berubah tapi itu akan memberinya sensasi yang berbeda.

Rendam dengan Larutan Air Kapur Sirih
Kalau ingin tekstur rebung tetap terjaga bisa coba pakai air kapur sirih. Caranya siapkan rebung yang sudah diiris lalu rendam dalam air kapur sirih selama beberapa menit. Baru cuci dan bilas hingga bersih sebelum diolah sesuai selera.

Cukup mudah kan tipsnya? Sekarang mengolah rebung nggak perlu khawatir lagi deh. Semoga infonya bermanfaat, ladies.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA