1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Tips Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Rabu, 03 Januari 2018 07:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Nyamuk/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Nyamuk tidak hanya mengganggu tapi juga dapat menjadi sumber penyakit. Maka menjaga rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk sangat penting. Selain memaksimalkan 3M, ada cara lain utnuk menghindari nyamuk nyaman di rumah. Menggunakan obat nyamuk salah satunya. Hmm, jika tidak tahan obat nyamuk ternyata dapat menimbulkan iritasi dan gangguan pernapasan.

Well, alih-alih menggunakan obat nyamuk kimia kamu dapat memanfaatkan bahan alami. Ladies, berikut ini adalah bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk menghindari serangan nyamuk. Simak penjelasannya di bawah ini.

Bunga Geranium

Bunga Geranium/copyright aryanto.id

Bunga ini biasa dikenal sebagai tapak dara. Tidak hanya bentuknya yang cantik bunga ini ternyata ampuh mengusir nyamuk. Kandungan geraniol dan sitroneol pada bunga Geranium mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk.

Nah, cukup tanam bunga Geranium di rumah maka nyamuk akan pergi dan tidak berani datang. Bunganya yang cantik bisa menjadi pemanis dalam ruangan.

Sereh

Jika kamu memiliki lahan yang cukup luas, tidak ada salahnya jika kamu menanam tanaman ini. Tidak hanya dimanfaatkan untuk bumbu masakan, ternyata sereh juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Sereh memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk.

Rosemary

Rosemary/copyright gimmesomeoven.com

Tanaman herbal ini memiliki bunga yang cantik, tidak hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias bunga Rosemary juga baik untuk mengusir nyamul Tanaman rosemary ini juga memiliki aroma yang khas, yaitu seperti minyak kayu putih dan sedikit mirip minyak telon.

Kenikir

Daunnya biasa dimanfaatkan untuk makanan. Tidak hanya itu, bunganya yang cantik biasanya digunakan untuk tanaman hias di taman. Kenikir memiliki aroma yang khas, daun dan bunga kenikir ini mengandung zat aktif pyrethrum ini juga mampu menjauhkanmu dan gigitan nyamuk.

Selasih

Tanaman yang biasa dimanfaatkan bijinya ini ternyata memiliki manfaat penting untuk mengusir nyamuk. Zat aktif tersebut antara lain eugenol, linalool serta geraniol. Aroma yang tidak sedap ini tidak disukai oleh nyamuk.

Ladies, demikian 5 bahan alami yang dapat mengusir nyamuk secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Dapur
Video Skrin.id : Deddy Corbuzier Untuk Generasi X: Jangan Fake!
00:00