Sukses

Lifestyle

Membuat Pewarna Hijau Alami dari Daun Pandan, Ini Cara Mudahnya

Cake atau kue biasanya akan terlihat lebih menarik dan menggugah selera bila diberi tambahan pewarna. Jenis pewarna yang paling aman adalah pewarna alami dari bahan-bahan yang masih segar. Seperti untuk pewarna hijau, kita bisa menggunakan daun suji.

Membuat pewarna hijau alami dari daun suji pun ternyata ada caranya sendiri. Untuk mendapatkan hasil warna yang cantik dan pekat, ada langkah-langkah yang perlu kita ikuti. Nggak susah kok membuatnya, yuk ikuti detailnya di sini.

Pewarna hijau alami./Copyright cookpad.com/pawon mommy najam

Di sini kita membutuhkan dua jenis daun pandan, yaitu daun pandan wangi dan daun suji. Takaran perbandingan antara daun pandan wangi dan daun pandan suji adalah 1:2. Jadi kalau menggunakan 10 lembar daun pandan wangi, kita akan membutuhkan 20 lembar daun suji. Lalu siapkan 250 cc air.

Langkah-langkah pembuatannya pun cukup mudah. Setelah daun pandan dicuci bersih, bisa langsung dipotong-potong lalu diblender sampai halus. Setelah itu, jus daun pandan itu langsung disaring. Inilah pewarna alami yang bisa langsung digunakan untuk membuat aneka kue atau cake.

Pewarna alami ini bisa disimpan dalam botol atau wadah tertutup rapat. Simpan di dalam kulkas, maka bisa awet dalam waktu lama. Ketika disimpan dalam waktu cukup lama, mungkin nanti akan muncul endapan. Endapan itu adalah sarinya dan lebih pekat. Kalau ingin warna hijau yang pekat, endapan itu bisa digunakan.

Cukup mudah sekali kan membuatnya? Selamat mencoba, ladies!




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading