Sukses

Lifestyle

Tips Memasak agar Sayuran Hijau Tidak Berubah Coklat

Suka mengonsumsi sayuran? Well, kadang saat memasak sayur kamu mungkin merasa kesal karena sayur berubah menjadi coklat. Selain mengurangi nutrisi yang terkandung, warna coklat pada sayuran membuat tidak selera makan. Hmm, jika kamu mengalami hal demikian. Tidak perlu merasa panik.

Berikut ini adalah cara mencegah sayur berubah warna menjadi coklat saat dimasak. Caranya gampang cukup memanfaatkan garam.

Saat merebus sayuran, cukup tambahkan 1/2-1 sendok makan garam ke dalam air rebusan. Masak selama satu menit angkat lalu tiriskan. Untuk menghilangkan rasa asin pada sayur, cukup siram sayur dengan air matang dingin. Lalu tiriskan. Sayur hijau pun siap disajikan dan warnanya akan tetap hijau.

Berbeda jika kamu akan membuat tumisan dengan sayuran hijau. Cukup gunakan minyak zaitun. Saat menumis bumbu, ganti minyak yang biasa kamu pakai dengan minyak zaitun. Tumis cukup sebentar agar tidak terlalu layu dan berubah warna menjadi coklat.

Hindari membiarkan sayuran yang ditumis terlalu lama di wajan karena akan membuat sayuran cepat berubah warna. Segera pindah sayuran pada piring saji sesaat setelah sayuran matang. Karena kerenyahan dari sayuran hijau itu dapat hilang.

Vemale juga memiliki tips saat memasak kangkung, yaitu menggunakan api besar agar kangkung cepat matang. Ketika menggunakan api besar, kangkung yang diolah akan menjadi lebih berkurang berada di atas api, sehingga akan meminimalisir perubahan warna yang akan terjadi pada kangkung dan menjaga agar kangkung tetap hijau dan segar.

Nah, ladies demikian tips untuk memasak sayuran agar tidak berubah warna menjadi coklat dan hitam. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading