KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Ini Alasan Mengapa Sayur Bersantan Lebih Lezat Setelah Dihangatkan Lagi

Senin, 04 Desember 2017 18:00 Penulis: Ivana Okta Riyani
Masakan bersantan lebih enak setelah dipanaskan/copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies, Indonesia kaya akan berbagai masakan yang lezat. Nah, salah satu masakan yang disukai banyak orang adalah yang bersantan. Ada satu fakta menarik, makanan bersantan terasa lebih lezat dinikmati saat sudah dipanaskan lagi. Nah, penasaran nggak sih mengapa bisa seperti ini?

Santan kelapa mengandung protein dan gula. Saat dipanaskan kembali kadar air santan sudah berkurang. Saat itulah akan ada reaksi Maillard atau browning. Reaksi ini berlangsung saat makanan bersantan dipanaskan dengan suhu 154 derajat celcius. Saat itu protein akan bereaksi dengan gula membentuk molekul-molekul kecil yang sedap rasanya. Karena itu makanan bersantan yang dipanaskan kembali akan terasa lebih gurih.

Tak cuma pada santan saja. Reaksi yang sama ternyata juga terjadi saat kamu memanggang steak daging atau ikan.

Nah Ladies, sayangnya makanan ini ternyata kurang begitu sehat apalagi jika dihangatkan terus menerus. Bahaya yang mungkin terjadi adalah saat dingin ada risiko tumbuh bakteri dalam makanan yang berbahaya untuk kesehatan. Sebaiknya jika tak dimakan pada hari itu, masakan langsung dimasukkan dalam kulkas atau freezer.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA