1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Ikan Bau Tanah Hilangkan Selera Makan, Begini Cara Menyiasatinya

Sabtu, 25 November 2017 12:00 Penulis: Ivana Okta Riyani
Ikan, sumber makanan penuh gizi/copyright: thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies, pernahkah kamu menyantap ikan air tawar lalu dagingnya masih berasa seperti tanah atau berbau lumpur?  Well, ini pasti mengurangi nafsu makan Ladies. Bau tanah ini ternyata berasal dari senyawa kimia geosmin yang dihasilkan oleh alga hijau biru dan bakteri Actinomyus.

Nah Ladies, untuk menyiasatinya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Intip tips lengkapnya di sini yuk.

  • Yang pertama harus kamu lakukan adalah bersihkan ikan sampai benar-benar bersih. Cuci ikan dengan air mengalir yang bersih. Buang isi perut hingga bersih karena menjadi sumber bau tanah.
  • Setelah itu rendam ikan dalam campuran air jeruk nipis, garam dan kunyit serta air secukupnya selama 1 jam.
  • Jika kamu tidak langsung memasak ikan dan masih ingin menyimpannya dalam kulkas, setelah dibersihkan pastikan kamu membalurkan garam pada ikan karena garam dapat mengikat bau.
  • Air cuka ternyata juga bisa membantu menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar lho Ladies. Caranya rendam ikan dalam air cuka selama kurang lebih 1 jam sebelum mengolahnya.

Nah Ladies, itu tadi adalah beberapa tips mudah dan praktis yang bisa kamu coba agar ikan tak bau tanah. Dengan begini kamu bisa menikmati ikan air tawar dengan lebih berselera. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Memasak
  2. Tips Dapur
Kisah Rija 'Butiran Debu' Jadi Tulang Punggung Keluarga