KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Tips Memasak Udang agar Bebas Bau Amis, Penting Loh Mom

Jum'at, 24 November 2017 09:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Udang/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Penggemar seafood? Tentu udang menjadi salah satu hidangan wajib. Udang kaya akan kandung nutrisi yang penting buat kesehatan. Protein yang tinggi baik untuk perkembangan otak pada anak. Nah, tidak salah jika udang menjadi menu wajib bagi anak-anak.

Sayangnya, udang yang tidak diolah dengan tepat dapat menyebabkannya menjadi amis dan menyebabkan alergi. Jadi hilang selera bukan? Jadi bagaimana sebenarnya cara mengolah udang agar tidak berbau amis. Yuk, simak tips dari vemale berikut ini.

Mengupas Udang dengan Tepat

Cara mengupas undang dengan tepat/Copyright Shutterstock

Caranya pegang buntutnya, lalu kupas kulitnya. Buang buntutnya agar tidak termakan oleh anak-anak. Namun jika mom ingin agar udang tampak cantik dalam menghidangkannya maka buntut jangan dibuang, dibiarkan saja ikut dimasak. Maka, hidangan udang yang mom olah tidak kalah menariknya dengan sajian chef di resto terkenal.

Menghilangkan Bau Amis Udang

Untuk menghilangkan bau amis pada udang, saat membersihkan udang, belah sedikit bagian punggung udang. Hilangkan kotoran yang berbentuk tali hitam. Cuci udang dengan air bersih yang mengalir. Mom juga dapat memberi jeruk nipis, pada udang. Sst, jangan terlalu banyak ya agar tidak hilang rasanya.

Mom tidak perlu memberi garam pada udang karena dapat membuat udang menjadi hancur saat dimasak.

Tips Menyimpan Udang

Udang yang segar segera masukkan dalam freezer. Saat mom akan memasaknya, keluarkan dalam freezer lalu letakkan pada air dingin yang mengalir. Hindari memasukkan udang kembali dalam freezer jika sudah dicairkan. Segera masak, karena udang yang sudah keluar dari freezer akan rusak.

Nah, mom demikian 3 tips untuk memasak udang agar bebas bau amis yang mengganggu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA