Sukses

Lifestyle

5 Langkah Mengukus Ketan agar Pulen dan Legit Menggigit

Ingin mendapatkan ketan yang enak untuk dipadukan dengan aneka toping seperti keju, susu, hingga buah mangga? Salah satu kuncinya adalah kita harus tahu betul cara pengukusan yang benar dan tepat. Kalau beras ketan sudah dikukus dengan cara yang tepat, hasilnya nanti pasti akan pulen dan legit.

Untuk menghasilkan ketan kukus yang enak, ada sejumlah bahan lain yang perlu kita tambahkan. Pilih bahan-bahan terbaik untuk menghasilkan ketan yang enak nantinya.

Kalau mau memasak 250 gram ketan, kita juga perlu menyiapkan 150 cc santan, 1/2 sdt garam, 1 lembar daun pandan, dan 2 lembar daun salam. Perhatikan komposisinya tersebut, ya ladies. Jangan sampai terlalu encer tapi jangan sampai kekurangan air juga.

Lalu bagaimana proses mengukusnya? Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cuci beras sampai bersih, lalu rendam selama kurang lebih 2 jam.
2. Masukkan ketan dalam panci kukus, kukus setengah matang (sekitar 15 menit).
3. Siapkan panci, rebus santan, garam, daun pandan, dan daun salam sampai mendidih. Kemudian, matikan api.
4. Masukkan ketan yang setengah matang ke dalam air rebusan santan di panci. Aduk sampai santan terserap. Masak dan didihkan ketan dengan api sedang.
5.  Kukus lagi ketan selama 30 menit.

Ketan ini nantinya bisa kamu nikmati dengan aneka toping. Mau tambah keju dan susu, bisa. Diberi parutan kelapa juga enak. Dinikmati dengan buah mangga atau durian juga nikmat.

Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Selamat mencoba, ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading