KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Agar Sate Empuk dan Matang Sempurna, Ini Tips Simpelnya

Jum'at, 10 November 2017 19:30 Penulis: Endah Wijayanti
Tips sate empuk./Copyright Puji Nandang Wuyung

Vemale.com - Selain bumbu yang sempurna, cara pembakaran yang tepat sangat penting diperhatikan untuk membuat sate yang enak. Agar sate empuk dan matang sempurna, memang ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Mulai dari soal pemotongan daging hingga pemberian bumbu.

Sebenarnya tips-tips untuk membuat sate empuk dan matang sempurna itu tidak terlalu sulit, kok. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan menu sate yang lezat dan nikmat.

Jangan Kebanyakan Pakai Daging Berlemak
Pilih daging yang kandungan lemak atau uratnya tidak berlebihan. Akan lebih baik lagi bila memilih daging yang bebas lemak ataupun urat. Agar nantinya ketika dibakar atau dipanggang, hasilnya bisa cepat empuk.

Seragamkan Bentuk Potongan Daging
Yup, tips yang ini memang simpel tapi sering dilupakan. Agar matangnya merata dan sempurna, bentuk potongan dagingnya usahakan juga seragam.

Maksimalkan Penggunaan Bumbu Rendaman
Selain bisa menghilangkan bau daging, bumbu rendaman juga bisa membuat sate lebih empuk saat dibakar atau dipanggang. Salah satu jenis bumbu rendaman yang bisa dibuat untuk mengempukkan daging kambing misalnya, adalah campuran parutan nanas dan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan garam. Membungkus daging dengan daun pepaya dan bumbu rendaman juga bisa membuat daging jadi lebih cepat empuk saat dipanggang atau dibakar nantinya.

Potongan dagingnya juga perlu diperhatikan./Copyright pixabay.com

Olesi Alat Pemanggang dengan Mentega atau Margarin
Baik menggunakan alat pemanggang dengan arang atau panggangan listrik, olesi dulu dengan mentega atau margarin. Biar nantinya saat sate dibakar tidak lengket dan bisa lebih cepat matang merata. Jangan lupa untuk terus membolak-balik sate biar matangnya sempurna.

Saat Dibakar, Tambahkan Bumbu Olesan pada Sate
Ingin sate lebih sedap? Tambahkan bumbu olesan pada sate yang sedang dibakar. Selain hasilnya nanti lebih nikmat, daging sate pun nantinya tak gampang gosong atau kering.

Jaga nyala api tetap konstan./Copyright pixabay.com

Jaga Nyala Api Agar Konstan
Biar daging sate tidak hangus, gunakan nyala api sedang. Jangan terlalu menyala-nyala. Kalau pakai arang, bara apinya juga perlu dijaga dengan sering-sering dikipas. Kalau pakai alat pemanggang yang digunakan di atas kompor, nyala api kompor juga jangan sampai terlalu besar.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membuat sate yang empuk dan matang sempurna. Atau mungkin kamu punya tambahan tips lain, ladies? Share di sini, ya.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA