KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Tak Ada Telur Bebek, Telur Ayam Bisa Dijadikan Telur Asin, Coba Yuk!

Sabtu, 11 November 2017 09:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright YouTube.com/Herman Zhu

Vemale.com - Ingin membuat telur asin tapi tidak memiliki telur bebek? Atau, karena kamu tidak suka dengan telur bebek karena dinilai terlalu amis? Untuk membuat telur asin sebenarnya nggak harus menggunakan telur bebek kok ladies. Tanpa telur bebek, kita tetap bisa membuat telur asin yang enak.

Manfaatkan telur ayam ras atau telur yang biasa temukan di pasar atau pun supermarket untuk membuat telur asin. Ini yang perlu kamu perhatikan dan cara membuatnya.

Pilih Bahan yang Berkualitas Baik

Pastikan untuk memilih bahan yang berkualitas baik untuk membuat telur asin. Pilih telur yang masih baru, garam yang bersih dan bahan lain yang kualitasnya baik. Bahan untuk membuat telur asin ayam ras ini adalah 7 butir telur mentah, 250 gram garam, 1 rimpang jahe (haluskan), 7 siung bawang putih haluskan) dan 1 liter air.

Cuci Bersih Telur

Cuci telur ayam yang akan dibuat telur asin hingga bersih. Cuci di bawah air mengalir agar semua kotoran yang menempel di kulit telur benar-benar bersih. Jika sudah bersih, keringkan telur dengan kain lap lalu amplas bagian luarnya perlahan-lahan. Cuci kembali telur. Ini dilakukan agar pori-pori pada kulit telur lebih terbuka dan rasa asin telur bisa lebih sempurna nantinya.

Proses Mencampur & Merendam Telur Pakai Air Garam

Siapkan semua bahan kemudian campur garam, jahe dan bawang putih hingga rata. Masukkan telur ke dalam toples kemudian siram dengan air garam (bumbu), beri penahan di atas telur agar telur terendam sempurna. Tutup toples hingga benar-benar rapat, simpan di tempat yang sejuk dan tertutup.

Lama Merendam Telur

Agar telur asin memiliki rasa asin atau gurih yang sempurna, rendam telur kurang lebih selama 10 sampai 12 hari.

Cuci Telur dan Kukus Untuk Mendapatkan Telur Asin yang Enak

Jika sudah direndam selama 10 sampai 12 hari, telur asin siap dikukus atau direbus. Keluarkan telur dari dalam toples, cuci bersih di bawah air mengalir. Kukus atau rebus selama kurang lebih 1 jam hingga matang. Telur asin dari telur ayam ras pun siap disajikan.

Nah, tanpa telur bebek, kita tetap bisa kok buat telur asin enak di rumah. Gimana, tertarik mencoba? Dan ingat, pastikan agar semua bahan yang digunakan untuk membuat telur asin ini kualitasnya baik. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Dapur