Sukses

Lifestyle

Agar Daging Ikan Goreng Lebih Lembut & Gurih, Begini Cara Menggorengnya

Kamu suka masakan yang digoreng terutama ikan goreng? Selain memiliki rasa yang super lezat dan menggugah selera, ikan goreng juga menjadi masakan yang kaya nutrisi, vitamin dan manfaat buat kesehatan tubuh. Bicara mengenai ikan goreng, ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan saat memasak atau menggoreng ikan agar semakin lezat dan menggugah selera ladies.

Tak hanya memperhatikan cara bagaimana agar ikan tidak lengket, kamu juga perlu memperhatikan cara agar daging ikan goreng lebih lembut, matang sempurna, tidak amis dan gurih maksimal. Berikut cara agar ikan goreng lebih lembut dan gurih.

  1. Cara pertama adalah pilih ikan yang berkualitas baik. Pilih ikan yang masih baru dan segar. Ikan yang masih baru biasanya teksturnya masih kenyal, mata ikan bening, baunya tidak busuk dan insangnya masih terlihat merah segar.
  2. Selanjutnya, bersihkan sisik ikan dan isi perutnya. Cuci hingga benar-benar bersih sampai darahnya hilang. Lumuri dengan jeruk nipis atau daun jeruk agar aroma ikan tak terlalu amis. Cuci kembali hingga bersih lalu tiriskan. 
  3. Rendam ikan dengan bumbu kira-kira selama 10 sampai 20 menit. Merendam ikan bertujuan agar rasa ikan benar-benar gurih dan enak. Mengenai bumbu, pilih juga bumbu yang masih baru dan berkualitas baik. 
  4. Panaskan minyak dalam jumlah cukup banyak dengan api sedang. Jika minyak sudah panas, masukkan ikan ke dalam wajan dan goreng. Menggoreng ikan dengan api sedang akan membuat daging ikan matang sempurna dan teksturnya lebih lembut. 
  5. Balik ikan jika bagian bawah ikan sudah kering dan matang. Jangan membalik ikan jika bagian bawah atau salah satu sisinya belum matang. Membalik ikan sebelum waktunya akan membuat daging ikan mudah hancur dan rusak. 
  6. Hindari terlalu sering membolak balik daging ikan selama proses penggorengan terjadi. Ini justru akan membuat daging ikan mudah rusak, hancur dan tak matang sempurna. 
  7. Jangan menggoreng ikan dengan jumlah yang berlebihan. Jika ikan yang digoreng ukurannya cukup besar, goreng satu persatu. Tapi, jika ikan yang digoreng ukurannya tak terlalu besar kamu bisa menyesuaikan jumlah ikan yang digoreng dalam satu wajan.

Nah, tips menggoreng ikan yang sangat mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Kalau kamu punya tips menggoreng ikan lainnya, jangan lupa buat share di kolom komentar.





(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading