Sukses

Lifestyle

Tips Menyeduh Kopi Instan Biar Seenak Kopi ala Kafe

Menikmati kopi sachet memang cara yang paling simpel dan mudah setiap harinya. Bahkan jauh lebih murah dibandingkan harus ngopi dulu ke kafe atau kedai kopi. Cuma karena namanya kopi instan, terkadang sulit untuk mendapatkan rasa yang kita inginkan.

Sebenarnya salah satu kunci untuk mendapat kopi yang enak itu adalah cara penyeduhannya harus benar. Suhu dan kualitas air yang digunakan pun perlu diperhatikan. Umumnya, air yang pas digunakan untuk menyeduh kopi yang suhunya 89-96 derajat celcius. Kebanyakan dari kita mungkin menggunakan air mendidih untuk menyeduh kopi, tapi suhu air yang terlalu panas ternyata bisa merusak kualitas rasa kopi.

Penyeduhan yang tepat akan membuat rasa kopi jadi lebih nikmat./Copyright pixabay.com

Rasio kopi dan air juga penting diperhatikan. Untuk 1 sachet kopi biasanya pas diseduh dengan 140-150 cc air. Ada juga yang menyebutkan bahwa untuk menyeduh 1 gram kopi, dibutuhkan 15 cc air.

Untuk membuat kopi instan seenak kopi ala kafe, ada tips yang bisa kamu pakai nih. Dengan cara ini diyakini aroma kopi lebih enak dan rasanya pun lebih nikmat.

Yang perlu disiapkan, antara lain 1 sachet kopi instan, 1 sdm air dingin, dan 140 cc air panas. Cara menyeduhnya mudah saja, larutkan dulu kopi instan dengan 1 sdm air dingin sampai tidak menggumpal. Baru kemudian tambahkan air panas. Aduk sampai benar-benar larut, lalu nikmati selagi hangat.

Jadi tidak langsung diseduh dengan air panas, ya. Seperti yang dilansir oleh food-hacks.wonderhowto.com, air dingin bisa mengekstrak kopi dengan lebih perlahan sehingga tidak merusak aroma dan rasa alami kopi tersebut. Sementara kalau langsung diseduh dengan air mendidih, aroma dan kandungannya ada kemungkinan akan banyak berubah.

Itu tadi tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mendapatkan rasa dan aroma kopi instan yang lebih nikmat, ya ladies. Tapi hasilnya bisa saja berbeda dari ekspektasi kita karena kualitas kopi instan bisa tak sama satu sama lain.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading