1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Menghilangkan Bau Jengkol Sebelum Dimasak, Cobain Tips Ini Deh!

Rabu, 01 November 2017 14:40 Penulis: Endah Wijayanti
Menghilangkan bau jengkol./Copyright rumahsambel.wordpress.com

Vemale.com - Bagi sebagian orang, jengkol sering disebut bisa dijadikan sebagai pengganti daging. Teksturnya yang khas memang sangat memudahkan kita untuk membuatnya jadi berbagai jenis olahan. Tapi kadang jadi agak merepotkan kalau bau jengkol masih terlalu pekat saat dimasak.

Untuk menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak, ada sejumlah cara yang bisa kita coba. Kita perlu memberi perlakuan khusus pada jengkol sebelum nantinya diolah jadi menu atau hidangan favorit. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

Direndam dengan Air Larutan Kapur Sirih
Punya kapur sirih di rumah? Coba larutkan dengan air secukupnya, lalu rendam jengkol dalam larutan tersebut selama semalaman. Ketika akan diolah, cuci bersih dulu jengkol baru dimasak.

Direbus dengan Daun Salam
Siapkan air, lalu didihkan. Lalu, masukkan beberapa lembar daun salam dan jengkol bersamaan. Cara ini diyakini bisa cukup ampuh untung mengatasi bau jengkol yang menyengat.

Direbus dengan Air dan Abu Cuci Piring Dapur
Abu cuci piring juga bisa dimanfaatkan. Caranya rebus air dengan abu dapur secukupnya dan masukkan jengkol. Setelah dididihkan, pindahkan jengkol ke dalam air dingin bersih, lalu rendam sehari semalam.

Direbus dengan Air dan Daun Jeruk Purut
Daun jeruk purut diyakini bisa menetralisir bau jengkol. Caranya mudah, siapkan daun jeruk perut yang sudah diiris, lalu masukkan dalam rebusan jengkol.

Direbus dengan Air Daun Jambu Kelutuk
Rebus jengkol dengan air dan tambahan beberapa lembar daun jambu kelutuk. Rebus hingga mendidih, lalu bilas dengan air bersih untuk kemudian diolah.

Ada banyak tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau menyengat jengkol sebelum diolah. Kita bisa memilih cara yang menurut kita paling mudah. Atau mungkin kamu punya tips lain, ladies?

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Serunya #VemaleTalk Malang | #imPOSSIBLE: Aku Ada, Aku Berkarya, Aku Berdaya
00:00