KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Tips Mengolah dan Menyimpan Oncom Agar Tahan Lama

Kamis, 26 Oktober 2017 07:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Oncom yang segar/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Jika kebetulan kamu tidak tinggal di Jawa Barat dan masih baru pertama kalinya melihat oncom, mungkin kamu bingung mau dimasak seperti apa bahan makanan ini. Dan karena masih baru dengan oncom, kamu mungkin juga kesulitan dan bingung bagaimana mengolah dan menyimpan oncom yang baik.

Oncom sendiri adalah olahan bahan kacang kedelai bentuknya seperti tempe tapi berjamur. Meski begitu oncom tidak membahayakan, justru punya kandungan bakteri sehat untuk pencernaan karena telah melalui proses fermentasi.

Nah, berikut ini cara mengolah oncom yang baik.

1. Sangrai atau bakar lebih dulu
Setelah dibeli, oncom sebaiknya langsung diolah, jangan dibiarkan terlalu lama. Sebelum diolah jadi berbagai masakan, lebih baik dihancurkan dan disangrai atau dibakar dulu agar aromanya lebih sedap dan tidak terlalu banyak kandungan airnya.

2. Simpan di kulkas dalam wadah tertutup
Jika ingin menyimpannya karena beli banyak, kamu bisa menempatkan oncom dalam wadah kering dan tertutup sebelum dimasukkan ke kulkas. Untuk memastikan wadahnya kering, bisa juga dialasi kertas sebelum menutup wadah. Menyimpannya di dalam kulkas bisa membuat oncom tahan paling tidak 1-3 hari.

Itu dia yang bisa kamu lakukan jika pertama kalinya membeli oncom dan tertarik mengolahnya. Oncom kualitas bagus bisa dilihat dari jamur yang penuh di permukaannya. Itu berarti oncom amsih segar. Nah, semoga bermanfaat ya ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA