Sukses

Lifestyle

5 Tips Agar Talenan Tidak Licin Saat Memotong Bahan Makanan

Saat memasak, ada kalanya memotong bahan-bahan menjadi tantangan tersendiri, kamu bukan hanya harus hati-hati agar tidak terkena pisau, tapi juga menjaga agar talenan tidak licin. Seringkali talenan yang licin membuat banyak orang teriris pisau dan hal ini pasti tak akan menyenangkan.

Nah, untuk menjaga keselamatan memasak selama di dapur, ada baiknya kamu tahu bagaimana menjaga agar talenan tidak licin dan melukai tanganmu. Ini yang bisa kamu lakukan.

1. Alasi dengan kain lap basah

Ambil satu kain lap yang tidak terlalu tebal dan sudah dibasahi, peras airnya dan buat alas talenan. Kain lap yang kesat akan menjaga talenan tidak lari ke mana-mana sehingga kamu bisa nyaman memotong bahan.

2. Karpet karet

Jika kamu punya semacam karpet kecil terbuat dari karet atau non-slip mats, benda ini juga bisa membantu menjaga talenan tidak licin. Biasanya bahan ini ada pada keset pintu. Kemungkinan kamu bisa membeli satu di toko peralatan dapur.

Agar talenan tidak licin saat dipakai/copyright Pixabay.com

3. Pilih talenan yang berat

Jika ingin memotong daging yang dibutuhkan tenaga besar, lebih baik gunakan talenan yang tebal dan berat. Berat talenan akan membuatnya tidak mudah slip saat digunakan.

4. Talenan kayu

Dibanding talenan plastik, lebih baik gunakan talenan kayu yang cenderung punya permukaan kesat.

5. Membersihkan meja

Pastikan mejamu bersih dan kesat, tidak terkena minyak atau lemak daging karena faktor ini sangat bisa membuat talenan licin saat dipakai. Jaga kebersihan meja dapur, dan jika masih agak licin, beri taburan tepung terigu agar kesat.

Itu dia tips agar talenan tidak licin saat digunakan. Semoga bermanfaat dan memasak jadi lebih aman dan menyenangkan ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading