KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Agar Gula Tidak Mudah Menggumpal & Benyek, Begini Tips Menyimpannya

Jum'at, 20 Oktober 2017 09:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Gula merupakan salah satu bahan makanan yang penting ada di dapur. Selain sebagai tambahan bumbu masakan agar semakin sedap, gula pasir juga sebagai pemanis berbagai makanan serta minuman. Tak heran, jika gula pasir menjadi bahan makanan wajib dimiliki. Beberapa orang bahkan tidak jarang akan menyimpan gula dalam jumlah yang banyak.

Buat kamu yang suka menyimpan gula pasir dalam jumlah banyak dan ingin gula pasir tersebut tetap baik-baik saja, tidak menggumpal apalagi benyek, Vemale punya tipsnya ladies. Bagaimana tips menyimpan gula pasir agar tahan lama, tidak menggumpal dan benyek? Simak berikut ini.

Simpan di Wadah Kering & Tertutup
Pastikan untuk menyimpan gula pasir di wadah yang kering dan tertutup. Akan lebih baik jika wadah yang digunakan menyimpan adalah wadah yang berbahan kaca atau keramik. Wadah kaca akan membuat bau gula tetap segar dan enak.

Jauhkan Dari Panas
Gula yang dekat dengan panas akan mudah meleleh. Jadi, usahakan agar menyimpannya di tempat yang jauh dari panas baik itu sinar matahari lansung atau kompor dan sejenisnya.

Simpan dengan Daun Jeruk atau Cengkeh
Daun jeruk dan cengkeh bermanfaat mencegah datangnya semut. Gula yang disimpan bersama daun jeruk dan cengkeh tak hanya akan tahan lama tetap juga terhindar dari masalah dikerubuti semut.

Jauhkan Dari Kelembaban
Usahakan untuk menjauhkan wadah penyimpanan gula pasir dari segala sesuatu yang lembab mulai dari makanan, minuman, atau tempat yang lembab. Segala sesuatu yang lembab bisa membuat gula pasir mudah menggumpal, benyek hingga berair.

Beli Gula Pasir Berkualitas Baik
Saat membeli gula pasir dan akan menyimpannya, pilih gula pasir yang berkualitas baik, kering dan warnanya tidak terlalu merah atau cokelat. Gula yang berwarna putih bersih akan lebih tahan jika disimpan dalam waktu lama.

Itulah beberapa tips menyimpan gula pasir dalam waktu lama agar tidak menggumpal dan benyek. Semoga tips ini bermanfaat ya. Kalau kamu punya tips lain, boleh banget lho share pengalaman kamu di kolom komentar.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA