1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Agar Rasa Ikan Asin Tak Berlebihan & Makin Nikmat, Ini Tips Memasaknya

Selasa, 17 Oktober 2017 09:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright retailnews.asia

Vemale.com - Ikan asin sampai saat ini menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian besar warga Indonesia. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang cukup nikmat serta bisa disimpan dalam waktu lama, menjadikan ikan asin sebagai salah satu bahan pangan yang seolah tak boleh dilewatkan begitu saja.

Hanya saja, terkadang rasa ikan asin yang terlalu asin membuat kita merasa malas mengolah ikan asin. Atau, kita tak bisa mengolah ikan asin tersebut menjadi salah satu masakan yang menggugah selera. Buat kamu yang ingin masak ikan asin dan mendapatkan rasa yang lebih nikmat serta rasa asin pada ikan berkurang, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Rendam Ikan Asin Bersama Garam Beryodium
Tidak sedikit dari yang berpikir bahwa merendam ikan asin ke dalam air garam akan membuat ikan asin terasa semakin asin. Namun jangan salah ladies, merendam ikan asin di dalam air garam beryodium justru akan membuat rasa asin pada ikan cukup berkurang. Rendam ikan asin di air garam kira-kira selama 20 menit kemudian cuci bersih di bawah air mengalir hingga bersih.

Rendam Ikan Asin Bersama Kertas Roti/Buram
Tips selanjutnya adalah merendam ikan asin dengan kertas roti atau buram. Rendam kira-kira selama 30 menit kemudian cuci bersih. Usahakan hanya menggunakan kertas roti/buram dan jangan menggunakan kertas koran. Kertas koran sangat tidak sehat karena mengandung zat kimia timbal dan tinta yang bisa membahayakan kesehatan.

Rebus Ikan Asin dengan Air Tawar
Merebus ikan asin dengan air tak hanya membuat ras asinnya berkurang. Tetapi, ini juga bisa bikin tekstur ikan asin jadi makin empuk. Jika khawatir merebus ikan asin bisa membuat ikan hancur, rendam ikan asin menggunakan air hangat selama 30 menit.

Gunakan Bumbu Dapur Segar Untuk Memasak Ikan Asin
Pastikan untuk menggunakan bumbu dapur yang masih segar saat memasak ikan asin. Bumbu yang masih segar akan memberikan rasa nikmat pada setiap masakan termasuk ikan asin. Hindari menggunakan bumbu masakan siap pakai atau bumbu bubuk karena ini bisa membuat rasa ikan asin kurang menarik. Hindari juga memasak ikan asin dengan menambahkan garam ke dalam bumbu. Tanpa tambahan garam, masakan ikan asin sudah berasa asin.

Itulah beberapa tips agar rasa ikan asin tidak berlebihan. Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu punya tips lainnya, jangan lupa share di kolom komentar ya.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Reza Rahadian Belajar Dari Teman Tunanetra