Sukses

Lifestyle

Begini Cara dan Urutan yang Benar Mencuci Peralatan Makan & Dapur di Rumah

Menjadi wanita, sebaiknya kamu pandai mencuci peralatan dapur, ladies. Keterampilan ini bukan hanya akan jadi modalmu sebagai ibu rumah tangga tapi juga menjalani kehidupan sehari-hari yang lebih baik.

Meski begitu, banyak wanita belum tahu urutan yang baik ketika mencuci peralatan makan dan dapur, karena menurut Good Housekeeping Institute, sebenarnya ada urutan yang tepat apa saja yang harus didahulukan untuk dicuci dan mana yang sebaiknya dicuci di akhir.

Ini urutan yang tepat

  1. Pertama mulailah dengan mencuci gelas, mug, cangkir, dan botol-botol minuman.
  2. Kemudian beralihlah ke peralatan makan seperti sendok, garpu dan piring. 
  3. Setelah itu, baru kamu bisa mencuci peralatan dapur seperti panci, spatula, wajan dan lainnya yang penuh minyak dan rawan gosong.

Cara dan urutan ini perlu dilakukan untuk mencegah menyebarnya kuman atau bakteri dari satu benda yang banyak bakteri ke yang sedikit bakteri. Karena umumnya peralatan minum lebih bersih dan lebih sedikit bakteri, sudah seharusnya dicuci lebih dulu.

Mencuci peralatan makan dan dapur yang benar/copyright Shutterstock.com

Selalu gunakan sarung tangan plastik jika ingin mencuci peralatan makan dan dapur, bukan hanya untuk menjaga kulit dari kekeringan dan kasar, tapi juga mencegah terkena gesekan dari peralatan dapur yang kemungkinan membuat bakteri masuk ke dalam luka goresan.

Kamu juga bisa menggunakan air panas atau hangat untuk menghilangkan lemak dan memudahkan mencuci minyak di peralatan dapur. Jadi, itu dia cara yang tepat mencuci peralatan makan dan dapur di rumah.

Jangan sampai mencampurkannya hanya karena mereka terlihat sama-sama kotornya ya, karena ternyata ada aturannya lho.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading