KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Tips Agar Rempeyek Renyah dan Gurih, Ini Lho Rahasianya

Senin, 11 September 2017 15:10 Penulis: Endah Wijayanti
Rempeyek renyah./Copyright cookpad.com/Yene Dandelion

Vemale.com - Orang Indonesia umumnya kurang sempurna rasanya kalau makan tanpa kerupuk. Selain kerupuk, rempeyek pun sering dicari untuk membuat makanan jadi terasa lebih nikmat. Umumnya rempeyek yang paling enak sih yang renyah dan gurih.

Tapi tahu nggak gimana cara bikin rempeyek yang renyah dan gurih? Sebenarnya caranya tidak sulit. Ada tips-tips sederhana yang bisa diikuti berikut ini.

Perhatikan Komposisi Tepung
Yups, bahan utama rempeyek adalah tepung beras. Tapi kalau ingin mendapatkan rempeyek yang lebih renyah, kamu bisa menambahkan sedikit tepung tapioka atau tepung sagu. Nantinya tekstur rempeyek akan terasa lebih renyah. Pastikan juga tepung yang digunakan diayak terlebih dahulu dan berkualitas terbaik, ya. Jangan yang berbau apek.

Adonan Jangan Terlalu Kental
Tapi juga jangan sampai terlalu cair. Komposisi tepung, air (atau santan), dan bumbu-bumbu seperti ketumbar, bawang putih, kencur, kemiri, dan garam harus benar-benar pas. Setidaknya ketika disendok dan dituangkan ke dalam minyak panas, adonan bisa mengalir dengan mudah tanpa membuatnya terlalu tipis.

Gunakan Wajan Anti Lengket
Selain menggunakan minyak goreng yang banyak, wajan yang dipakai juga pilih yang anti lengket. Untuk mendapat tekstur rempeyek yang renyah dan tipis, gunakan wajan yang cekung.

Jangan Terlalu Banyak Menuang Adonan Rempeyek dalam Sekali Goreng
Agar matangnya merata dan menghasilkan tekstur renyah yang sama, jangan terlalu banyak menuang adonan rempeyek. Ambil adonan rempeyek dengan menggunakan sendok, lalu tuangkan ke wajan dari bagian tepinya sampai membentuk lingkaran tipis, tuang secukupnya jangan sampai kebanyakan dan membuat rempeyek jadi tumpang tindih di dalam genangan minyak.

Variasikan Isi
Bisa juga memvariasikan isi rempeyek. Misalnya, mencampurkan teri dan kacang tanah. Atur kepadatannya agar nanti hasilnya bisa matang merata dan lebih renyah.

Simpan dalam Stoples dengan Tutup Rapat
Agar kerenyahannya terjaga, simpan rempeyek dalam stoples dengan tutup rapat ya. Pokoknya disimpan dalam wadah tertutup agar tidak gampang melempem.

Nah, itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membuat rempeyek yang renyah dan gurih. Selamat mencoba, ladies!



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Dapur
  2. Tips