Sukses

Food

3 Tips Empukkan Daging Kambing dan Hilangkan Prengus dengan Nanas

Fimela.com, Jakarta Saat Idul Adha, ada kemungkinan kamu menerima daging sapi atau daging kambing di rumah, tergantung rezekinya yang mana. Jika kebetulan menerima daging kambing, mungkin kesulitan utamanya adalah mengatasi bau prengus setelah dimasak. Belum lagi proses pemasakannya yang butuh waktu lama hingga daging bisa empuk.

Untuk menghilangkan bau rengus sekaligus mengempukkan dagingnya, tentu dibutuhkan trik khusus, yang kamu butuhkan hanya buah nanas. Bagi yang kurang berpengalaman dalam mengolah daging kambing, tips berikut ini mungkin cocok untukmu.

1. Gunakan nanas muda

Nanas apa saja sebenarnya tetap bisa mengempukkan daging, tapi kebanyakan orang menggunakan nanas muda karena mengandung enzim lebih banyak yang bertugas mengempukkan daging. Caranya mudah, potong daging kambing dan siram dengan air panas. Lalu baluri dengan parutan air nanas muda selama 3-4 menit saja.

2. Jangan rendam terlalu lama

Nanas mengandung enzim bromelin, yang cara kerjanya sama dengan enzim papain, yaitu membuat menguraikan serat-serat daging sehingga menjadi gampang empuk ketika dimasak. Karena fungsinya yang kuat ini, sebaiknya jangan gunakan nanas terlalu banyak dan jangan dibiarkan terbalur terlalu lama karena justru akan membuat daging hancur saat dimasak dan tidak enak dimakan.

3. Bilas jika dirasa sudah empuk

Jika kamu merasa dgaingnya sudah cukup empuk tapi belum menyiapkan bumbu yang akan dibuat masak, segera bilas daging yang terendam nanas, karena kalau dibiarkan terlalu lama daging akan hancur dan tidak berbentuk, rasanya juga tidak gurih lagi. Jadi jangan mengabaikan 'kemampuan' buah nanas untuk mengempukkan daging. Jangan sampai melumuri terlalu lama jika tak ingin daging hancur.

Itu dia cara hilangkan prengus dan mengempukkan daging kambing dengan nanas.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading