Sukses

Lifestyle

Agar Spons Cuci Piring Bebas Kuman, Ikuti Tips Ini Yuk!

Mencuci piring dan peralatan dapur dengan spons memang sangat memudahkan. Cucian cepat bersih dan bisa lebih hemat sabun pula. Tapi tahu nggak kalau spons bisa jadi sarang bakteri dan kuman?

Selain perlu diganti secara berkala, ada hal-hal lain yang perlu kita perhatikan agar spons cuci piring bebas kuman. Pastinya dengan spons yang bebas kuman, semua cucian piring dan perabot akan lebih higienis. Selengkapnya yuk ikuti tips-tipsnya berikut ini.

Rendam Spons dengan Sabun dan Air Panas
Setelah spons selesai digunakan, ada baiknya untuk direndam dulu dalam larutan air panas dan sabun anti kuman selama sekitar 5 menit. Baru bilas dengan air hingga bersih. Intinya spons yang sudah digunakan jangan langsung ditinggalkan begitu saja. Perlu dicuci dulu sampai bersih.

Jangan Direndam di Sisa Sabun Pencuci Piring
Kalau direndam dalam sisa sabun pencuci piring, kuman dan bakteri akan makin berkembang biak. Setelah dipakai, spons baiknya dijemur atau dikeringkan di bawah terik sinar matahari. Simpan di tempat yang kering, jangan di tempat yang lembap ya.

Spons perlu diganti secara berkala./Copyright thinkstockphotos.com

Cuci Spons dalam Larutan Cuka
Alternatif ini bisa kamu coba untuk mencegah berkembang biaknya kuman dan bakteri. Cukup rendam spons dalam larutan cuka, kemudian cuci dan bilas hingga bersih sebelum dikeringkan.

Keringkan dengan Bantuan Microwave
Kalau kamu punya microwave di rumah, bisa coba cara yang satu ini. Setelah spons selesai dicuci dengan sabun anti kuman dan dibilas, masukkan ke dalam microwave. Lalu oven selama sekitar 2 menit atau sampai benar-benar kering. Setelah itu matikan microwave, baru angkat spons yang sudah kering dengan menggunakan capit.

Pisahkan Jenis Spons
Ada baiknya kamu menyediakan lebih dari satu spons. Pisahkan antara spons yang digunakan untuk mencuci alat makan dan perabot yang super kotor dan susah dibersihkan seperti wajan dan panci. Atau sediakan dua spons, spons pertama untuk membersihkan kotoran di alat makan, dan spons kedua digunakan untuk mencuci perabot dengan sabun yang lebih bersih.

Spons cuci piring memang perlu diganti secara rutin, ya ladies. Kebersihan spons ini juga memiliki pengaruh penting pada semua alat makan dan perabot yang higienis.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading