Sukses

Lifestyle

Tips Praktis Agar Masakan Bacem Enak & Bumbunya Meresap

Menyajikan masakan yang enak dan menggugah selera buat keluarga tentu menjadi impian dari setiap wanita. Bicara mengenai masakan yang enak, berbagai masakan dengan bumbu yang meresap tentu akan menjadi masakan enak. Apalagi, ketika masakan tersebut merupakan masakan bacem.

Bagi orang Jawa, menu masakan bacem adalah menu umum yang dibuat sehari-hari. Selain rasanya sangat enak, menu ini cocok disajikan bersama lauk apa saja dan nasi hangat yang masih mengepulkan asap serta sambal. Mengenai masakan bacem, umumnya bahan masakan yang dibuat bacem adalah tahu, tempe dan ayam.

Oh iya Ladies, untuk membuat tempe dan tahu bacem dengan bumbu yang meresap baik yang enak ada tips khususnya lho. Begini nih tipsnya.

  1. Pilih tahu, tempe dan ayam dengan tekstur cukup padat dan masih baru. Ini agar bahan masakan tersebut tidak mudah hancur saat direbus atau ungkep bersama bumbu bacem.
  2. Pada saat merebus masakan bacem, gunakan api kecil saja. Api kecil akan membuat masakan bacem matang lebih sempurna dan tidak mudah gosong. Ini juga membantu bumbu meresap dengan sangat baik hingga ke dalam tahu, tempe maupun daging ayam. 
  3. Jangan lupa untuk menutup panci agar air tidak cepat menguap.
  4. Selama proses memasak, pastikan untuk membalik tahu, tempe atau ayam. Membalik bahan masakan ini akan membantu kamu mendapatkan bacem dengan bumbu merata dan lebih enak. 
  5. Jika ingin rasa bacem yang lebih enak dan gurih, kamu bisa menambahkan ceker atau kepala ayam. Cita rasa pada ceker atau kepala ayam ini akan membuat rasa bacem makin nendang dan gurih. 
  6. Untuk air, kamu bisa menggunakan air kelapa untuk merebus bacem. Air kelapa bisa membuat rasa serta aroma bacem lebih enak dan menggugah selera. 
  7. Mengenai bumbu, pastikan untuk menggunakan bumbu yang masih segar dan baru. Untuk gula merah, pilih juga gula merah asli tanpa campuran gula pasir di dalamnya.


Ladies, itulah tips agar masakan bacem enak dan bumbunya meresap dengan baik. Oh iya, saat menggoreng bacem, usahakan untuk menggunakan minyak yang masih baru. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading