Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Ketupat Yang Padat dan Pulen

Di saat lebaran menu yang paling dinantikan setiap tahunnya adalah ketupat. Yup, signature dish ini memang selalu berhasil membuat moment lebaran semakin spesial. Kali ini Vemale akan coba hadirkan satu tips memasak yang bakal membuat ketupatmu super lezat dan menggiurkan.

Ketupat yang bagus ditandai dengan tampilannya padat penuh berisi dan jika di belah tampak putih dan padat berisi. Beberapa orang gagal membuat ketupat karena kurang isi atau bahkan kebanyakan isi, sehingga hasilnya kurang padat, lembek, bahkan kadang masih berwujud beras. Nah, kali ini Vemale akan hadirkan triknya agar ketupatmu padat berisi dan pulen.

 

  • Yang pertama kamu harus memperhatikan kualitas bahan yang akan kamu gunakan. Pilihlah beras yang pulen dan berkualitas sedang hingga bagus. Pilihlah bungkus ketupat yang rapat dan bentuknya bagus. Jangan ambil janur yang sudah mulai kering.
  • Rendam bungkus ketupatnya sekitar 1 jam supaya daun kelapa (janur) tidak mudah patah.
  • Cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Bisa juga menambahkan air kapur sirih saat mencuci beras.
  • Isi bungkus ketupat dengan ± ¾ dari tinggi bungkus ketupat.
  • Rebus selama 4 hingga 5 jam.

Nah Ladies, itu tadi adalah tips mudah agar ketupat yang kamu buat padat berisi dan pulen. Semoga bermanfaat ya. Selamat menyambut lebaran.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading