KAPANLAGI NETWORK
MORE

Selain Tutup Rapat Stoples, Ini Tips Biar Kue Kering Tak Melempem

Senin, 19 Juni 2017 10:10 Penulis: Endah Wijayanti
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Salah satu kesibukan yang paling menyenangkan dalam menyambut lebaran tak lain adalah menyiapkan aneka kue kering. Untuk menyambut dan menjamu tamu, perlu menyediakan aneka kue kering yang lezat. Tak hanya itu saja, kita juga perlu memastikan kue kering tidak cepat melempem biar kerenyahannya lebih lama.

Kunci pertama agar kue tidak cepat melempem adalah memastikan stoples tertutup rapat. Agar kelembapan udara tidak merusak tekstur kue kering, kita harus menutup stoples wadah kue kering kita rapat-rapat. Kalau udara masuk ke dalam stoples, kue bisa dengan mudah melempem dan rasanya juga tidak lagi renyah. Tapi ternyata ada tips lain yang bisa dicoba untuk menjaga kue kering renyah lebih lama dan tak gampang melempem.

Masukkan Kemasan Berisi Garam atau Silica Gel
Kalau kelembapan kue terjaga, maka tidak akan cepat melempem. Salah satu cara supaya kelembapan udara dalam stoples tetap terjaga adalah dengan memasukkan silica gel dalam stoples atau wadah kue kering. Bagaimana kalau tidak ada silica gel? Kita bisa menggunakan alternatif kemasan garam. Caranya gampang banget kok, tinggal bungkus 1-2 sdt garam dengan kain yang bersih dan kering. Setelah itu masukkan kemasan garam tersebut ke dalam stoples yang akan diisi kue kering. Cukup praktis, bukan?

Pastikan Kue Kering dalam Keadaan Dingin
Ini nih hal yang kelihatannya sepele tapi ternyata memegang peranan penting. Sebaiknya jangan langsung memasukkan kue yang masih hangat atau masih panas ke dalam stoples. Biarkan kue tersebut benar-benar dingin sebelum kamu memasukkannya ke dalam stoples, ya biar nggak gampang melempem nantinya.

Letakkan di Tempat yang Jauh dari Makanan Berbau Menyengat
Kue kering bisa berubah rasanya bila terlalu dekat atau malah tercampur dengan makanan berbau menyengat. Jadi, pastikan stok kue kering yang kamu miliki disimpan jauh dari aneka makanan berbau menyengat, seperti terasi dan buah durian.

Stoples yang Digunakan Harus Bersih dan Kering
Stoples yang kamu pakai harus bersih dan usahakan steril. Setidaknya kamu harus mencuci stoples dengan bersih dan bilas dengan air panas terlebih dahulu. Baru keringkan. Kalau stoples sudah bersih dan kering, kue yang disimpan di dalamnya bisa bertahan lebih lama.

Satu Stoples untuk Satu Jenis Kue
Hati-hati, mencampuradukkan berbagai jenis kue dalam satu stoples akan sangat mempengaruhi kelembapannya. Kue pun jadi cepat rusak jika dicampurkan dengan jenis kue yang lain. Karena tingkat kerenyahan setiap kue bisa berbeda satu sama lain. Kamu pastinya nggak mau kan kue yang sudah susah payah kamu buat malah rusak karena dicampur dengan kue lainnya?

Oh ya, kamu juga bisa membuat label khusus untuk ditempelkan di bagian bawah stoples atau di permukaan bawah tutup stoples yang berisi tanggal kamu memasukkan kue tersebut ke dalam stoples. Biar tidak kelupaan dan bisa mengira-ngira kapan batas kedaluwarsanya.

Sekarang pastinya sudah lebih siap dong menyambut lebaran dengan kue kering terbaikmu? Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Tren Unicorn Menguasai Dunia