KAPANLAGI NETWORK
MORE

Tips Memilih Kurma yang Baik & Segar Agar Tidak Tertipu Pedagang

Selasa, 06 Juni 2017 12:20 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Shutterstock.com

Vemale.com - Buah kurma jadi salah satu buah paling manis di dunia. Dan saat Ramadan begini, pasti kurma lebih mudah ditemukan dan banyak yang menjualnya dalam jumlah besar. Bahkan buah kurma jadi salah satu makanan yang disunahkan untuk dimakan lebih dulu saat buka puasa.

Jika kamu ingin membeli buah kurma, kamu pasti tahu bahwa ada banyak jenis kurma yang dijual oleh pedagang. Tapi bagaimana caranya memilih kurma yang baik dan mengetahui kurmanya fresh?

1. Tidak keras
Buah kurma yang matang dengan baik dan segar mungkin berkerut bagian kulitnya, tapi teksturnya tidak keras, renyah atau agak kenyal, dan masih berserat. Kulitnya juga terlihat mengkilap dan bentuknya tidak penyok-penyok.

2. Hindari yang terlalu hitam
Ada jenis kurma yang warnanya memang hitam, tapi ciri-ciri nomor satu bisa dilihat. Ada juga kurma yang hitam karena sudah tidak fresh dan biasanya keras. Ketika dibuka, buahnya hancur.

3. Gula yang mengkristal
Hindari kurma yang terlihat rusak buahnya dan terdapat gula mengkristal di bagian luarnya, karena berarti kurma tersebut tidak fresh.

Sebenarnya, meskipun kurma yang banyak dijual di pasaran sudah tidak fresh, masih sangat enak dimakan dan manisnya pasti bikin kamu ketagihan. Beberapa kurma bahkan kemungkinan sudah diolah dengan ditambahkan gula.

Kamu juga bisa mengetahui bahwa kurma tersebut fresh dari adanya tangkai kurma. Kurma yang masih menempel di tangkai adalah tanda kurma yang masih segar dan baru dipanen. Itu dia cara mengetahui dan memilih kurma yang masih fresh ladies. Semoga bermanfaat.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Putihkan Hati Sambut Hari Nan Fitri Bersama Martha Tilaar Group
PRODUK REKOMENDASI