KAPANLAGI NETWORK
MORE

Rahasia Masak Ayam Panggang agar Matang Sempurna

Jum'at, 19 Mei 2017 13:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
copyright: sociolla.com

Vemale.com - Siapa yang di sini yang suka ayam panggang? Semua pasti setuju, jika ayam panggang memiliki rasa yang khas sehingga banyak diminati. Dimakan langsung tanpa campuran sambal pun tidak akan mengurangi rasanya. Tidak salah jika ayam panggang merupakan salah satu menu yang diandalkan.

Sayangnya tidak mudah menyajikan ayam panggang yang matang dengan sempurna. Seringkali ayam panggang matang sebagian. Membuat rasa ayam panggang tidak sempurna. Well, karena ukuran ayam panggang yang besar membuat daging ayam tidak dapat matang dengan sempurna.

Kunci dari daging ayam panggang yang matang sempurna adalah jika bersuhu ruang. Hal ini dikarenakan jika ayam yang akan dimasak dalam keadaan dingin akan membuat ayam matang hanya bagian luarnya. Dan bagian dalamnya masih mentah. Kondisi ini biasa disebut dengan The Bull’s Eye Effect. Terlihat daging sudah matang tapi sebenarnya belum.

Solusi untuk membuat ayam panggang masak sempurna adalah sebelum masak ayam panggang, biarkan daging ayam berada di suhu ruang selama 30 menit. Hal ini akan membantu ayam lebih lunak dan saat dimasak akan menjadi matang sempurna.

Selama memanggang ayam panggang, tutupi dengan kertas alumunium. Hal ini membantu menjaga kelembaban pada daging ayam tetap terjaga. Setelah ayam hampir matang, buka kertas aluminium dan panggang ayam hingga matang dan kulitnya menjadi renyah serta berwarna keemasan.

Sajian ayam panggang akan semakin nikmat dengan bumbu-bumbu yang tepat. Nah, sekarang tidak takut lagi ayam panggang tidak matang sempurna bukan? Semoga bermanfaat.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Memasak
  2. Tips Dapur
Video Skrin.id : Donita Ternyata Takut Ambulans