Sukses

Lifestyle

Tips Agar Tahu Bulat Renyah dan Kopong Saat Digoreng

Tahu bulat boleh dibilang merupakan salah satu fenomena dunia kuliner yang menghebohkan di Indonesia. Pasalnya, hampir di setiap kota bisa kita temui penjaja tahu bulat goreng dengan cara menjualnya yang unik: memakai mobil pick up dengan ciri khas megaphone yang mengeluarkan suara "Tahu bulat, digoreng, dadakan ..."

Saking fenomenalnya tahu bulat ini, kita tergoda juga untuk membuatnya sendiri di rumah. Eh, tapi ternyata membuat tahu bulat yang kopong dan crispy saat digoreng, tidak semua orang tahu rahasianya. Kebanyakan tahu bulat akhirnya mengempes atau justru tetap padat, tidak berongga di dalamnya.

Seperti apa sih tips membuat tahu bulat agar kopong dan crispy saat digoreng? Berikut rahasianya:

  1. Gunakan tahu putih yang kualitasnya bagus Jangan menggunakan tahu kuning ya. Tahu putih ini biasanya teksturnya lebih lembut.
  2. Peras air yang terkandung dalam tahu hingga saat kering, sehingga pori-porinya bisa mengembang dan kosong atau kopong di bagian dalam. Peras menggunakan serbet biasa saja.
  3. Gunakan baking powder agar adonan tahu bisa mengembang sempurna.
  4. Dinginkan dahulu adonan yang sudah dicampur bumbu. Bisa didinginkan di dalam kulkas atau cooler box. Tetapi jangan dimasukkan ke lemari pembeku atau freezer
  5. Wajan penggorengan yang digunakan sebaiknya besar atau cukup untuk menggoreng banyak tahu sekaligus.
  6. Minyak untuk menggoreng adonan tahunya sebaiknya minyak baru dan nyalakan api kecil saja supaya matang merata dan tidak gosong.

Nah itu dia tips membuat tahu bulat kopong dan crispy yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga berhasil!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading