Sukses

Lifestyle

Cara Praktis Membersihkan Ikan Dari Sisik dan Bau Amis

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki rasa khas dan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan. Sayangnya, banyak orang tidak menyukai masakan ikan karena baunya yang amis. Beberapa ikan bahkan memiliki sisik yang bisa membuat selera makan berkurang.

Agar bau amis pada ikan bisa berkurang dan sisik yang ada di tubuhnya bersih, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membersihkannya. Berikut caranya.

Beri Garam Saat Menyimpan Ikan
Ikan yang tak segera dimasak bisa disimpan di dalam lemari es. Tapi, sebelum disimpan di lemari es, usahakan agar melumuri tubuh ikan dengan sedikit garam. Garam dipercaya bisa meminimalisir bau amis pada ikan. Ini juga bisa membuat sisik pada ikan sangat mudah untuk dibersihkan.

Kerok Sisik Menggunakan Pisau
Beberapa ikan memiliki sisik di tubuhnya. Cara untuk menghilangkannya sebenarnya sangat mudah. Kerok sisik pada ikan menggunakan pisau mulai dari arah ekor ke kepala. Agar sisik semakin mudah dibersihkan dan dihilangkan dari tubuh ikan, kerok sisi menggunakan pisau yang cukup tajam di bawah air yang mengalir.

Buka Insang dan Keluarkan Isi Dalam Perut Ikan
Pastikan untuk membuang isi dalam perut ikan sebelum mengolahnya. Isi dalam perut ikan inilah yang biasanya membuat ikan berbau amis. Kamu bisa membelah bagian perut ikan bawah kepala dan mengeluarkan semua isinya. Cuci bersih kemudian olah selagi masih segar.

Lumuri Ikan dengan Jeruk Nipis
Bau amis pada ikan bisa diminimalisir menggunakan jeruk nipis. Peras 1 buah jeruk nipis kemudian lumurkan airnya di tubuh ikan. Diamkan kira-kira selama 30 menit kemudian cuci bersih dan bau amis pada ikan bisa berkurang.

Itulah beberapa cara mudah membersihkan ikan dari sisik dan bau amis. Agar masakan ikan semakin sedap dan bebas bau amis, usahakan agar segera memasak ikan selagi masih segar. Pastikan untuk memasak ikan dengan bumbu rempah yang cukup banyak seperti jahe, lengkuas dan daun jeruk. Semoga tips dapur ini bermanfaat. Jika kamu punya tips lainnya, jangan lupa share dengan kami ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading