Sukses

Lifestyle

Jangan Asal Simpan di Kulkas, Ini Cara Agar Sayur dan Buah Awet

Selama ini mungkin kita sering beranggapan kalau asal sudah disimpan di kulkas, sayur dan buah bisa awet. Tapi ternyata menyimpan begitu saja nggak cukup. Ada cara yang lebih efektif yang bisa kita lakukan untuk membuat sayur dan buah lebih tahan lama.

Dengan cara-cara yang sederhana, kita bisa membuat sayur dan buah lebih awet segarnya. Selain itu, buah dan sayur juga nggak gampang busuk. Berikut cara-cara yang bisa kamu pilih untuk membuat sayur dan buah bisa tahan lebih lama.

    Cuci Sebelum Disimpan dalam Kulkas

    Kebersihan tetap perlu dijaga dalam menyimpan buah dan sayur. Cuci dahulu buah dan sayur yang mau disimpan di dalam kulkas. Setelah ditiriskan baru simpan di dalam lemari pendingin.

    Pisahkan Buah dan Sayur

    Jangan menyimpan buah dan sayur dalam wadah yang sama di kulkas. Pisahkan buah dan sayur di tempat yang berbeda. Kenapa? Karena jenis buah-buahan tertentu mengandung ethylene, senyawa yang bisa berfungsi untuk mematangkan buah.

    Jangan Memasukkan Semua Jenis Sayur di Kulkas

    Nggak semua jenis sayur bisa bertahan kesegarannya saat disimpan di dalam kulkas. Ada jenis-jenis sayur tertentu yang justru lebih baik disimpan di suhu ruangan. Seperti tomat, terong, dan mentimun. Simpan jenis sayuran tersebut di suhu ruangan.

    Jangan Mencampur Bawang Bombay dengan Kentang

    Bawang bombay, kentang, dan bawang putih sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan kering. Tapi karena bawang bombay juga mengandung ethylene maka jangan mencampurnya dengan kentang. Kentang bisa cepat bertunas bila didekatkan dengan bawang bombay.

    Buang yang Sudah Mulai Membusuk

    Ada bagian buah atau sayur yang mulai menguning dan membusuk? Segera buang. Jangan sampai tercampur dengan sayur atau buah yang masih segar lainnya. Karena kalau tetap tercampur maka bisa membuat buah dan sayur lain di dekatnya ikut cepat membusuk.



Gampang sekali kan tips dan caranya? Yuk, segera dicoba di rumah, Ladies!





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading