Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Bumbu Dapur agar Awet

Salah satu cara membuatmu semangat untuk memasak adalah dapur yang bagus dan tentu saja bersih. Tidak mudah untuk menjaga dapur agar terjaga kebersihannya. Selain membersihkan setiap hari area dapur, setelah memasak ada cara lain yang harus dilakukan.

Salah satunya adalah pastikan kamu menyimpan bumbu dapur dengan benar. Bumbu dapur yang tersimpan dengan baik, akan membuat dapur kamu terjaga kebersihannya. Tak hanya itu, bumbu dapur pun lebih awet.

Apa saja caranya? Yuk, simak tips di bawah ini. Bumbu dapur yang kamu miliki pun dijamin lebih awet. 

 

1. Simpan Dalam Freezer

Ada beberapa bumbu dapur yang sebaiknya disimpan dalam freezer. Daun basil dan daun salam segar adalah salah satu bumbu dapur yang dapat disimpan dalam freezer. Sebelum menyimpannya, rendam dalam minyak zaitun, lalu masukkan dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Minyak zaitun membantu menjaga kesegaran daun basil dan daun salam.

 

2. Simpan dalam Suhu Ruang untuk Aneka Saos

Untuk saos dan kecap selama kemasannya belum dibuka, sebaiknya simpan dalam suhu ruang. Namun jika kemasannya sudah dibuka, simpan dalam lemari es. Jika kamu memilih saos dan kecap kemasan isi ulang, pastikan kamu menuangnya dalam botol yang bersih agar saos atau kecap lebih awet.

 

3. Bumbu Bubuk Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Jika kamu ingin menyimpan bumbu bubuk, sebaiknya simpan dalam suhu ruangan. Tapi pastikan bumbu bubuk tersebut kamu simpan dalam kaleng atau wadah kedap udara. Tidak perlu menyimpan bumbu bubuk dalam lemari es, karena justru membuat bumbu bubuk menggumpal.

 

4. Bumbu Jadi Simpan Dalam Freezer

Bumbu yang sudah dihaluskan dan siap digunakan sebaiknya disimpan di dalam freezer. Simpan dalam kemasan kedap udara. Jika kamu ingin menyimpan dalam jumlah banyak, simpan dalam beberapa bagian, usahakan simpan dalam kemasan sekali pakai..

5. Hindari Menyimpan Bumbu dekat Kompor

Suhu di dekat kompor biasanya lebih panas daripada suhu di bagian dapur lainnya. Suhu yang terlalu panas rentan membuat kualitas bumbu memburuk. Jadi, hindari menyimpan bumbu di dekat kompor.

Sahabat Fimela, demikian 5 cara untuk menyimpan bumbu dapur agar awet. Dapurmu pun akan semakin bersih. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading