Sukses

Lifestyle

Tips Agar Telur Asin Masir, Enak dan Gurih

Bangsa Indonesia telah lama dikenal sebagai bangsa yang sangat kreatif mengolah makanan. Gak cuma membuatnya menjadi lezat, tetapi bangsa Indonesia zaman dulu juga memikirkan bagaimana agar makanan tetap awet jika disimpan berhari-hari.

Salah satu makanan yang diawetkan dan populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah telur asin. Telur asin mengandung unsur gizi lengkap dengan kandungan mineral dan kalsium yang meningkat 2,5 kali setelah pengasinan.

Telur asin yang nikmat adalah yang masir dengan warna oranye cerah, kuning hingga kemerahan. Rasa asinnya tidak menyengat dengan minyak kuning telur yang melimpah ditambah dengan putih telur yang gurih.

Ada tiga cara membuat telur asin yang enak, yaitu melalui metode perendaman air garam, adonan garam dan batu bata plus abu gosok.

Perendaman air garam

Siapkan air dan masukkan garam secukupnya. Aduk sampai garam laut dan masukkan telur yang telah dibersihkan. Rendam selama kurang lebih 10 hari.

Perendaman adonan garam

Campur garam dan sedikit air hingga berbentuk pasta. Balurkan pada telur hingga tertutupi dengan adonan garam. Simpan selama 4-5 hari, siap dikonsumsi.

Perendaman batu bata dan abu gosok

Campurkan abu gosok dan batu bata yang sudah digiling halus dengan garam. Campuran perbandingannya 2:2:3. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Balurkan pada telur bebek hingga terbungkus rapi dengan ketebalan 1 cm. Simpan selama 7 hingga 15 hari.

Nah, dengan ketiga cara ini kamu bisa membuat sendiri telur asin di rumah dengan kebersihan dan kualitas yang terjamin. Selamat mencoba.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading