Sukses

Beauty

Langkah-langkah Membersihkan Gaun Pengantin Anda

Bahkan bertahun-tahun setelah pernikahan Anda, Anda tentu ingin melihat gaun pengantin tetap terlihat seperti baru, seperti ingatan Anda yang terakhir kali. Maka dari itu banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membersihkan gaun pengantin untuk menghindari kerusakan bahan baju pengantin yang harus dijaga. Berikut beberapa tips untuk membersihkan gaun pengantin Anda dan menjaga kondisinya:

    Tanyakan Ahli

    Saat pertama kali membeli gaun, tanyakan cara membersihkannya pada sang perancang. Jika gaun telah dipakai dan Anda menemukan noda, segera bawa ke binatu dan tanyakan apakah noda tersebut mungkin dibersihkan.

    Jangan Sok Tahu

    Jangan berpikir Anda tahu caranya mencuci gaun pengantin dengan benar hanya karena Anda memiliki gaun berbahan sama. Jika Anda bukan desainer atau ahli kain, beberapa cara yang Anda lakukan mungkin malah akan merusak gaun Anda.

    Cari Tahu Nodanya

    Penyebab noda yang berbeda akan membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Sehingga, Anda harus tahu terlebih dahulu noda apa yang mengenai gaun Anda, apakah itu water-based atau oil-based. Jangan bersihkan gaun tanpa tahu apa tipe nodanya, Anda mungkin akan berakhir dengan noda yang tidak bisa dibersihkan atau malah membesar.

    Perlakukan dengan Hati-hati

    Banyak area yang butuh perhatian, apalagi jika detail gaun Anda rumit, misalnya penuh dengan bebatuan dan bordiran. Material ini harus dibersihkan dengan tangan, jika Anda merasa menyulitkan, datang saja ke binatu dan minta mereka untuk membersihkannya. Dengan bahan yang begitu indah dan rentan, memilih mencucinya di mesin cuci bukanlah pilihan. Jika Anda melakukannya, akan berakibat fatal bagi gaun Anda.

    Keringkan dengan Benar

    Setelah Anda mencucinya, keringkan gaun dengan menggantungnya agar bentuknya tetap sempurna. Jika Anda ingin menggunakan pengering, tanyakan ahlinya. Jika Anda membersihkannya sendiri, paling baik jika dikeringkan di udara biasa. Jangan hanya menggantung gaun pengantin yang basah begitu saja atau bentuknya akan rusak.

    Kenali Bahan

    Penting untuk Anda tahu apakah gaun pengantin Anda terbuat dari polyester atau sutra. Jika sutra maka Anda hanya boleh mencucinya dengan air hangat karena jika terlalu dingin atau panas, bahannya akan mengerut.

Bagaimana Ladies, semoga gaun pengantin Anda tetap terjaga meskipun usia pernikahan Anda tidak lagi muda. Selamat mencoba.

(vem/bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading