Sukses

Beauty

Tampil Profesional dengan Busana Kerja, Ini Tipsnya

Saat bekerja, performa kerja bukan menjadi satu-satunya penilaian orang lain atas diri kita. Pembawaan dan penampilan kita juga memainkan peranan penting dalam menentukan nilai diri kita di depan rekan kerja, atasan, bahkan klien.

Karena pentingnya penampilan ini pun, maka tidak heran jika aturan berbusana secara profesional menjadi salah satu materi yang diajarkan di sekolah kepribadian.

Sejatinya, para karyawan memang diharuskan untuk selalu berpenampilan rapi dalam setiap kesempatan. Untuk itu, mereka harus memperhatikan penampilannya dari hal yang paling mendasar, termasuk pilihan berbusana yang dikenakan, hingga padu padan aksesori seperti perhiasan, sepatu, dan tas.

Jika kamu seringkali mengalami kesulitan untuk menentukan padu padan semua ini untuk tampil profesional di tempat kerja, tips yang telah dilansir dari laman gurl.com berikut ini akan membantumu. Yuk, simak.

    Pemilihan Busana

    Busana adalah kesan pertama yang dapat mengungkapkan karakter dan sifat kita. Untuk busana kerja wanita, umumnya merupakan setelan yang terdiri dari dua atau tiga potong busana. Sebaiknya, miliki beberapa pakaian seperti blus, rok polos dan berwarna, celana panjang, dan blazer. Sementara untuk pemilihan warna, pilih warna-warna baku atau warna-warna netral seperti hitam, cokelat, biru, putih, atau krem.

    Untuk material pakaian kerja, sebaiknya pilih material shantung, viscose, sifon, dan katun. Sedangkan untuk jas atau blazer bisa menggunakan bahan linen, tweed, atau polyester. Hindari bahan beludru, brokat, dan bahan-bahan yang mengkilap karena akan terlihat berlebihan jika dikenakan untuk busana kerja.

    Penggunaan Aksesori

    Aksesori digunakan untuk menunjang penampilan dan memperbaiki bentuk badan. Sepatu dan tas adalah 2 jenis aksesori yang paling sering digunakan untuk bekerja.

    Untuk tas kerja, pilihlah tas berukuran sedang dengan tali panjang. Sementara untuk pemilihan sepatu, pilihlah sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi agar tetap membuatmu merasa nyaman untuk bekerja.

    Pemilihan Perhiasan

    Kalung dan anting menjadi perhiasan yang sering digunakan ke kantor. Untuk penggunaan perhiasan sebaiknya pilih yang tidak terlalu berlebihan. Jika kamu mengenakan kalung di tempat kerja, pilihlah bentuk kalung yang sesuai dengan bentuk garis leher dari busana yang dikenakan.

    Untuk penggunaan anting, sebaiknya pilih yang modelnya dijepit atau ditusuk (giwang) dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk pergi ke kantor. Hindari penggunaan anting besar yang berbandul dan menjuntai karena akan memberikan kesan berlebihan dan kurang profesional.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk tampil profesional dengan busana kerja yang kamu kenakan. Di samping pakaian, aksesori, dan perhiasan, hal penting lainnya yang harus kamu tonjolkan untuk terlihat profesional adalah sikap yang penuh percaya diri dan penuh keyakinan. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading