Sukses

Beauty

Siti Juwariyah: Pakai Jilbab Itu Karena Allah, Bukan Fashion

Siapakah Siti Juwariyah? Sebagian besar hijabers tentunya mengenal siapa dia. Kepiawaiannya dalam dunia hijab telah dikenal dan koleksi-koleksi busananyapun dikagumi. Inilah hasil bincang-bincang kami beberapa waktu lalu.

Vemale.com (V): Bagaimana awal mula ketertarikan Siti terjun di dunia fashion?

Siti Juwariyah (SJ): Dari SMA saya udah suka mulai mix n' match baju, sampai akhirnya di saat kuliah memilih judul tugas akhir Hijab Style Book, sebuah buku yang isinya mengenai referensi fashion muslimah untuk wanita muda. Dari situ aku jadi suka mengunggah foto-foto gaya sehari-hariku ke blog. Dan berlanjutlah sampai sekarang. Berarti udah sekitar 2 tahun-an.

V: Ceritakan mengenai brand Kaffah dan bagaimana karakteristik design hijab fashion yang Siti populerkan?

SJ: Brand Kaffah ini aku jalani juga sudah 2 tahun. Aku memulainya saat lulus kuliah. Aku membangun Kaffah ini berdua dengan ibuku. Beliau lah supporter utama yang membuat aku terus menjalankan usaha ini. Nama Kaffahnya sendiri pun dikasih oleh ibu. Ibu ingin wanita muslimah yang memakai hijab agar memakai hijab dengan Kaffah, dengan sempurna menutupi auratnya. Aku sangat memikirkan branding-nya untuk Kaffah-ku ini. Pemilihan warna pun harus yang sesuai dengan yang aku suka. Warna-warna pastel dan bold. Untuk warna bold nya, aku memilih hitam, merah, electric blue, yang merupakan warna favoritku. Dua tahun belakangan ini aku hanya memproduksi koleksi Kaffah Scarf dan Inner Scarf. Namun sekarang aku sudah mulai mengeluarkan koleksi baru yaitu Kaffah Pattern dan Kaffah Exclusive.

V: Share dong tips praktis dalam berhijab ala Siti?

SJ: Aku emang lebih memilih gaya yang simple dalam berhijab. Aku hampir jarang banget pake aksesoris untuk hijab. Hanya menggunakan jarum pentul saja.

V: Apakah plan Siti di 2013?

SJ: Plan aku di tahun ini, alhamdulillah, aku sudah launch produk baru Kaffah Exclusive di bulan Januari kemarin. Dan aku pun ingin terus berkarya dalam dunia ini. Memberi inspirasi kepada sesama muslimah kalau wanita berhijab itu tetap bisa berkarya tanpa ada halangan dr hijabnya. Oh iya, insya Allah aku juga mau launch DVD tutorial vol. 2 kolaborasi aku dan Suci Utami.

V: Apa sih makna hijab untuk seorang Siti Juwariyah?

SJ: Pada dasarnya mengenakan hijab itu wajib hukumnya. Dan ingat memakai jilbab harus karena Allah. Bukan karena fashion atau lain sebagainya. Hijab itu menjaga kita dari lingkungan luar. Dengan hijab kita dpt menyaring pergaulan. Jika kita memakai jilbab tentunya kita akan otomatis menjaga tingkah laku dan memilih tempat bergaul. Yang saya rasakan adalah hijab benar-benar menjaga seorang wanita.

V: Apakan pesan Siti bagi para wanita di luar sana yang masih ragu dalam berhijab, atau merasa tidak percaya diri dalam memadupadankan pakaian muslim yang mereka kenakan?

SJ: Ingatlah memakai jilbab itu wajib dan jangan takut enggak bisa memadupadankan. Kalau kita sudah berjilbab insya Allah akan lebih cantik dan hati akan lebih tenang. Masalah mix n match baju untuk saat ini informasi yang kita dapatkan bisa dari mana pun. Kamu bisa lihat referensinya di internet, majalah, dan sebagainya. Penampilan yang cantik itu akan timbul kalau kita sudah percaya diri, pilihlah pakaian yang sesuai dengan pribadi kita, pilih pakaian yang nyaman, yang benar-benar membuat kita akhirnya akan percaya diri. Dan untuk menjadi stylish itu enggak harus baju-baju mahal lho! Kamu juga bisa lihat-lihat lagi baju lama kamu, dan padu padankan dengan aksesoris seperti kalung atau gelang.

Yuk intip juga koleksi-koleksi busana Siti Juwariyah di halaman selanjutnya

(vem/bee)

Siti Juwariyah: Orange

Terra Kaffah Scarf & Black Inner Scarf ( Kaffah )
Outer ( xsml )
Skirt ( The Thalassa )
Platform Shoes ( Gosh )

Fotografer: Agin & Beller

Koleksi ini menonjolkan warna orange yang dipadu dengan warna hitam dan cokelat. Aksen ini dipermanis dengan ikat pinggang dan cincin. Scarf yang dipakai menyempurnakan tampilan casual ini.

Siti Juwariyah: Pastels

Khaki Kaffah Scarf & Inner Scarf ( Kaffah ) 
Outer ( Restu Anggraini, follow @restuanggraini ) *recommended*
Pants ( None Clothing, follow @none_clothing )
Flatshoes ( Zara )

Fotograger: Agin & Beller

Pecinta warna pastel ini memadukan warna-warna pastel menjadi outfit yang simple namun elegan. Paduan scarf, aksesoris kalung dan sepatu diambil warna yang senada sehingga tidak menonjol satu sama lain, namun harmonis.

Siti Juwariyah: Mysterious Black

Black Kaffah Scarf & Inner Scarf ( Kaffah )
Jumpsuit ( Una, follow @unastyletwit )
Outer ( Pull & Bear )
Necklace ( xsml )

Photographer // Agin & Beler
Make up artist // R.Anggraini

Warna hitam juga salah satu warna favorit Siti Juwariyah, sehingga di koleksinya kali ini, ia memadukan jumpsuit berwarna hitam, scarf, outer rajut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading