KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS AND TRICKS

Kebaya Merah Putih Sambut Hari Kartini

Senin, 09 April 2012 07:00 Penulis:
Foto. dok Vemale

Vemale.com - Vemale.com - Beberapa hari lagi, kita akan merayakan Hari Kartini. Di berbagai kantor dan instansi pemerintahan, perayaan Hari Kartini tak hanya membahas masalah emansipasi dan persamaan hak-hak perempuan di bidang pendidikan, hukum dan pekerjaan. Seringkali perayaan Hari Kartini disambut dengan kebaya-kebaya cantik yang dipakai oleh para perempuan.

Walaupun sebagian kalangan pesimis dengan pemakaian kebaya di Hari Kartini (menurut mereka emansipasi perempuan lebih dari sekedar memakai kebaya), toh tak ada salahnya tampil berbeda di hari yang spesial. Coba hitung, berapa kali Anda memakai kebaya dalam waktu setahun? Mayoritas dari kita hanya memakai sekali atau dua kali saja, maka inilah kesempatan untuk memakai busana warisan leluhur yang sangat menawan ini.

Biasanya, kita sering mengeluh karena kebaya bukan pakaian yang nyaman. Seringkali kebaya terasa berat, panas, membuat susah bergerak dan gatal. Maka tahun ini, ada pilihan kebaya yang bisa Anda coba, tetap cantik walaupun sederhana. Pilihan kami jatuh pada koleksi Anne Avantie dalam acara Indonesia Fashion Week 2012. Mengapa koleksi ini begitu istimewa? Karena kesederhanaan kebaya dalam balutan warna merah dan putih.

Kebaya merah putih ini menggambarkan salah satu sosok perempuan Indonesia yang pernah menjadi Ibu Negara Indonesia, Ibu Fatmawati. Dan tentunya.. warna merah dan putih sebagai warna bendera yang dijahit langsung oleh beliau. Masih ada waktu beberapa hari jika Anda ingin mengaplikasikan kebaya merah putih pada Hari Kartini. Yang Anda butuhkan adalah:

  1. Kebaya encim atau model stagen warna merah atau putih, atau perpaduan warna keduanya
  2. Jika Anda memilih kebaya warna putih pilih selendang warna merah, demikian juga sebaliknya.
  3. Jika Anda sudah memakai kebaya warna merah dan putih, Anda bisa memakai selendang yang satu motif dengan kain batik yang Anda pakai.
  4. Kain batik dengan warna gelap.
  5. Bros untuk disematkan pada bagian dada jika Anda memakai model encim, atau disematkan pada selendang jika Anda memilih kebaya bentuk stagen.
  6. Anting-anting bulat
  7. Selop dengan warna merah, atau putih, atau cokelat yang mendekati warna kain batik Anda.
  8. Agar riasan wajah tak terlalu pucat, Anda bisa memakai lipstik berwarna hot red.
  9. Sematan bunga mawar merah di bagian sanggul akan mempercantik penampilan Anda.

Nah, sekarang Anda sudah siap tampil beda di hari yang spesial :)

(vem/yel)
KOMENTAR PEMBACA