Sukses

Beauty

Checklist Wajib Para Ibu Setiap Awal Bulan, Biar Nggak Ada yang Terlewat!

Awal bulan menjadi momen yang krusial bagi para ibu di rumah, apalagi yang menyangkut tentang keuangan. Gaji yang ada harus dikelola sedemikian rupa untuk memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga. Jangan sampai ada yang terlewat dan bikin kamu kelabakan di pertengahan bulan karena nggak ada dana yang disiapkan. Saatnya buat checklist berikut setiap awal bulan datang ya, Ladies!

Siapkan Dana untuk Berbagai Tagihan

Begitu awal bulan tiba, bagi pengeluaranmu ke dalam pos-pos untuk membayar berbagai tagihan yang ada. Misalnya saja untuk membayar listrik, air, sekolah anak, hingga cicilan kredit atau tagihan lainnya. Buatlah daftar tagihan apa saja yang menjadi tanggungan setiap bulan dan jangan lupa beri tanda checklist jika sudah selesai dibayar. Ini penting banget supaya nggak ada tagihan yang terlewat yang bisa bikin keuangan berantakan dalam waktu sekejap.

Sisihkan Dana Tabungan Sebelum Terpakai Tanpa Tujuan

Masih sering merasa nggak bisa menabung setiap bulannya? Eits, hal ini bisa juga terjadi karena cara menabung yang salah. Jangan menunggu gaji tersisa untuk menabung. Sebaliknya, kamu harus menyisihkan lebih dulu dana tabungan sejak awal bulan. Kalau perlu, buat rekening tabungan terpisah agar dananya tidak digunakan tanpa tujuan.

Bikin Daftar Belanja Bulanan Agar Lebih Terarah

Sering mengalami belanja berlebihan dari budget yang sudah disediakan? Sekarang coba deh mulai atur lagi kebiasaan belanja supaya lebih terarah. Bikin catatan belanja barang-barang apa saja yang memang dibutuhkan dan gunakan daftar tersebut sebagai panduan belanja. Dengan begitu, kamu nggak akan menghabiskan dana untuk membeli barang yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan.

Belanja bulanan juga bisa lebih hemat kalau kamu memanfaatkan berbagai promo menarik yang ada di minimarket langganan. Misalnya saja Indomaret yang kini sedang menawarkan promo transaksi dengan I.Saku, dompet digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Setiap member yang bertransaksi dengan I.Saku berhak mendapatkan 1 Stamp Undian Belanja Gratis berlaku kelipatan. Hadiahnya berupa saldo I.Saku total nilai Rp 3,6 miliar untuk 3 ribu pemenang! Jadi, masing-masing akan mendapatkan Rp 1,2 juta dalam bentuk I.Saku full service. Belanja berhadiah belanja gratis, asyik banget kan?

(c)indomaret

Bertransaksi dengan I.Saku juga bisa memberikan kesempatan tebus murah toples kaca cantik yang bisa menambah koleksi di rumah. Setiap belanja sebesar Rp 100 ribu dengan I.Saku bisa tebus murah 1 buah toples kaca ukuran S senilai Rp 16 ribu, ukuran M dengan harga Rp 19 ribu, atau ukuran L yang dibanderol harga Rp 22 ribu.

Jika pembayarannya menggunakan IDM Card/I.Saku/KKI akan mendapatkan potongan tambahan Rp 7000/buah. Kalau belanja di Indomaret saja sudah menawarkan banyak promo, nggak perlu lagi deh belanja di toko kelontong atau minimarket lain. Info promo selengkapnya bisa dicek langsung dengan klik di sini.

Jangan Lupa Sediakan Dana Cadangan untuk Kebutuhan Tak Terduga Lainnya

Ini dia ceklis lain yang nggak boleh dilewatkan ibu rumah tangga. Dana cadangan itu wajib dimiliki untuk kebutuhan tak terduga lainnya. Misalnya, jika di tengah bulan ada anggota keluarga yang sakit atau ada kebutuhan mendesak lainnya, kamu nggak perlu cemas karena ada dana cadangan yang bisa digunakan kapan saja. Hayo ngaku, sudahkah kamu menyiapkan hal ini dalam pengelolaan keuanganmu?

Saatnya atur kembali keuanganmu agar lebih terencana yuk, Ladies!

(vem/zki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading