Sukses

Beauty

30 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Rambut dan Kulit

Sudah sejak lama lidah buaya memang dikenal oleh masyarakat karena memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Juga untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir. Kita sering mendapatkan adanya produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran. Jadi tidak diragukan lagi khasiat yang luar biasa pada lidah buaya.

Mungkin Anda sudah biasa dan sering menggunakan produk yang menggunakan olahan lidah buaya? Tentu Anda sudah tahu bagaimana bentuk dari lidah buaya itu bukan? Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang termasuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan termasuk genus aloe. Tanaman ini banyak ditemukan pada kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya mirip seperti kaktus, tapi isi daunnya sangat berlendir.

Lidah buaya terkenal karena memiliki banyak manfaat. Didalam lidah buaya terdapat kandungan: protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Selama ini Anda tentunya jarang memakai lidah buaya secara langsung, dan lebih sering menggunakan lidah buaya dalam bentuk produk kecantikan yang sudah jadi yang tentunya sudah melalui proses kimiawi. Daripada Anda harus memakai lidah buaya yang sudah jadi dalam bentuk kemasan yang telah mengurangi khasiat dan manfaat dari lidah buaya itu sendiri, sebaiknya Anda menggunakan manfaat lidah buaya secara langsung atau dengan cara tradisional. Berikut adalah beragam manfaat lidah buaya. Mari segera kita simak di bawah ini.

Manfaat lidah buaya untuk rambutPenggunaan tanaman lidah buaya untuk rambut sebenarnya sudah lama diterapkan. Namun, belum banyak yang tahu tentang manfaat dan kegunaannya. Secara lebih lengkap manfaat tanaman lidah buaya untuk rambut sebagai berikut:

1. Lidah buaya untuk menghitamkan rambut

2. Lidah buaya untuk menguatkan akar rambut

3. Lidah buaya untuk menghilangkan ketombe

4. Lidah buaya untuk membuat rambut berkilau

5. Lidah buaya untuk mencegah rambut rontok

Selain dengan dipakai secara langsung atau tradisional, manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat Anda dapatkan dengan cara lain. Salah satunya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kebaikan alami lidah buaya, sea kelp, dan antioksidan seperti shampo dan kondisioner dari HERBAL ESSENCES BIO: RENEW. Produk shampo dan kondisioner dengan 0% Paraben, Pewarna, dan Gluten ini juga memiliki pH seimbang sehingga aman untuk rambut yang diwarnai.

Tersedia dalam empat varian, HERBAL ESSENCES BIO: RENEW memberikan manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan khusus rambut Anda. Untuk membantu memiliki rambut yang lembab dan terawat, gunakan HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Coconut Milk Shampoo & Conditioner. Namun jika Anda ingin memperbaiki kehalusan rambut, Anda bisa menggunakan HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Argan Oil of Morocco Shampoo & Conditioner.

Tidak hanya itu, untuk Anda yang mengidamkan rambut yang halus dan berkilau, HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Golden Moringa Shampoo & Conditioner patut untuk Anda coba. Sedangkan untuk memperoleh rambut yang bersih dan lebih bervolume, varian HERBAL ESSENCES BIO: RENEW White Strawberry & Sweet Mint Shampoo & Conditioner cocok untuk menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan rambut Anda. Jadi, varian mana yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda?

 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

1. Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.

 

2. Lidah buaya sebagai sumber asam amino

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

 

3. Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

 

4. Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

 

5. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

 

6. Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

 

7. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

 

8. Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

 

9. Lidah buaya untuk mengatasi iritasi

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.

 

10. Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

 

Manfaat lidah buaya untuk wajah

  1. Lidah buaya untuk menghaluskan wajah
  2. Lidah buaya untuk menghilangkan komedo
  3. Lidah buaya untuk mengecilkan pori-pori wajah
  4. Lidah buaya untuk membasmi jerawat
  5. Lidah buaya untuk mencerahkan kulit wajah
  6. Lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat

Ke-enam manfaat lidah buaya untuk wajah di atas tentu sangat menggiurkan. Kenapa menggiurkan? Karena Anda bisa mendapatkan wajah yang bersih, halus, dan cerah tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan.

Caranya mudah saja :

  1. Belah lidah buaya menjadi 2 bagian
  2. Ambil bagian tengah dari lidah buaya
  3. Tempelkan atau usapkan keseluruh wajah
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bilas hingga bersih

 

Manfaat lidah buaya untuk kulit tubuh

  1. Lidah buaya untuk melembapkan kulit
  2. Lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka di kulit
  3. Lidah buaya sebagai tabir surya alami
  4. Lidah buaya untuk mencerahkan kulit
  5. Lidah buaya untuk mengobati sengatan matahari pada kulit

Selain menggunakan masker untuk wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan lidah buaya pada seluruh kulit Anda untuk mendapatkan ke-lima manfaat di atas.

Caranya :

  1. Gunakan masker lidah buaya pada rambut Anda agar Anda mempunyai rambut sehat dan berkilau
  2. Gunakan 2 hari sekali sebelum keramas
  3. Manfaat lidah buaya untuk bibir
  4. Lidah buaya untuk melembapkan bibir
  5. Lidah buaya untuk menghaluskan bibir
  6. Lidah buaya untuk membuat bibir merah alami
  7. Lidah buaya untuk kulit bibir pecah-pecah

Milikilah bibir yang merah merona dengan cara mengoleskan lidah buaya setiap hari pada bibir Anda.

Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading