1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS AND TRICKS

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Selasa, 20 Maret 2018 13:23 Penulis: Redaksi Vemale
Foto ilustrasi (c) privateeyesbackgroundchecks

Vemale.com - Hal pertama yang harus Anda kerjakan, saat sedang mencari pekerjaan yang Anda inginkan, tentunya harus membuat surat lamaran kerja untuk melamar kerja. Surat lamaran kerja adalah poin penting yang akan menentukan apakah Anda bisa diterima untuk bekerja pada perusahaan atau tempat yang Anda lamar atau tidak. Tentunya Anda harus bisa mempromosikan diri Anda sendiri dengan benar dan tidak perlu mengada-ada secara berlebihan yang tentunya akan memberikan nilai tambahan bagi perusahaan yang akan mempekerjakan Anda.

Tentunya Anda harus bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar agar bisa memperbesar kemungkinan untuk bisa diterima di perusahaan yang Anda inginkan. Karena lebih banyak orang yang memerlukan pekerjaan dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Sehingga untuk bisa masuk ke perusahaan yang Anda inginkan, akan menjadi semakin sulit karena adanya banyak kompetitor yang juga melamar kerja.

Berikut kami berikan tips menulis surat lamaran kerja supaya semakin besar peluang Anda untuk diterima.

  1. Baca persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut dengan baik. Hal ini perlu dilakukan supaya isi surat lowongan pekerjaan yang akan Anda buat tetap berada dalam konteks-nya.
  2. Tulislah surat lamaran kerja Anda dengan menggunakan kata-kata yang merupakan bahasa baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Sebaiknya menggunakan kata-kata yang: singkat, padat, mudah dipahami, jelas, sopan, dan menarik.
  4. Tentukan tujuan surat dengan jelas (harus). Anda harus pastikan bahwa: nama yang dituju telah benar ejaan nama-nya, gelar, dan jabatan, begitu juga dengan alamat perusahaan-nya.
  5. Sesudah selesai menulis surat lamaran kerja Anda. Baca dan telitilah sekali lagi, pastikan tidak ada yang salah ketik. Telah memakai tata bahasa yang baik dan benar, juga tidak ada pengulangan kata-kata yang tidak perlu.
  6. Baik itu surat lamaran kerja yang dibuat dengan tulisan tangan ataupun diketik, yakinkan bahwa kertas yang Anda pakai itu benar-benar bersih. Tidak kotor, bekas lipatan, bekas tulisan yang dihapus, bekas tip-ex, atau apapun kotoran yang ada.
  7. Bila Anda membuat surat lamaran kerja dengan menulis sendiri (tulisan tangan), pastikan bahwa tulisan Anda dapat terbaca dengan baik. Hindari penggunaan tulisan tegak bersambung. Alasilah tangan Anda dengan menggunakan tisu pada saat menulis agar kertas tidak menjadi kotor ataupun terlipat tanpa sengaja.

Kini Anda telah mengetahui bagaimana tips dan cara untuk membuat surat lamaran kerja supaya peluang diterima akan menjadi lebih besar, mari kita lihat bagaimana langkah dan cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar di bawah ini.

Langkah cara menulis surat lamaran kerja

Pada umumnya tata cara menulis surat lamaran kerja untuk ditujukan (diajukan) kemanapun isinya sama saja. Baik itu adalah cara membuat surat lamaran kerja via online, cara membuat surat lamaran kerja untuk bekerja di bank, ataupun cara membuat surat lamaran pekerjaan untuk bekerja di perusahaan

  1. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat lamaran kerja :
  2. Tempat dan tanggal pembuatan(penulisan) surat.
  3. Kepada Yth. nama orang (beserta gelar & jabatannya) atau nama perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
  4. Salam hormat
  5. Kata pengantar atau pembukaan
  6. Pada kata pengantar atau kata pembuka dalam surat lamaran kerja, Anda wajib mencantumkan dari mana Anda mendapat informasi tentang lowongan kerja yang telah dibuka pada perusahaan yang Anda tuju tersebut. Baik itu berasal dari teman Anda, surat kabar, atau internet.
  7. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan apa yang telah Anda pilih bila di dalam perusahaan tersebut sedang membutuhkan banyak karyawan baru.
  8. Biodata pribadi
  9. Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, alamat E-Mail, pendidikan (tidak wajib)
  10. Misalkan Anda ingin menulis tentang latar belakang pendidikan Anda, cukup tuliskan saja latar belakang pendidikan tertinggi (terakhir) Anda.
  11. Pengalaman kerja dan kemampuan(keahlian) Anda
  12. Bila sebelumnya Anda sudah pernah bekerja: tuliskan apa pekerjaan yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Bila belum pernah bekerja (fresh-graduate): tidak perlu dituliskan. Tuliskan juga apa kemampuan Anda yang mungkin akan dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
  13. Penutup. Dalam penutup ini tulislah untuk meyakinkan pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan yang kuat agar bisa diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Ingatlah untuk mengucapkan Terima kasih.
  14. Lampiran surat lamaran kerja. Untuk lebih meyakinkan perusahaan yang Anda tuju agar bersedia menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat memberikan nilai tambah bagi Anda. Hal yang sebaiknya ditambahkan sebagai lampiran adalah :
  15. Pas foto (foto yang terbaru)
  16. Fotokopi KTP
  17. Daftar riwayat hidup
  18. Fotokopi ijazah terakhir
  19. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
  20. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan. Supaya ada gambaran bagaimana bentuknya. Berikut di bawah ini adalah contoh-contoh surat lamaran pekerjaan.

Contoh surat lamaran kerja©rocketmanajemen.com

Contoh surat lamaran kerja©rocketmanajemen.com

Contoh surat lamaran kerja 2

Contoh surat lamaran kerja©rocketmanajemen.com

Contoh surat lamaran kerja 3

Contoh surat lamaran kerja©rocketmanajemen.com

Contoh surat lamaran kerja 4

Contoh surat lamaran kerja©rocketmanajemen.com

Demikianlah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang mudah dan sederhana yang akan memperbesar peluang Anda agar bisa diterima pada perusahaan yang Anda pilih dan inginkan. Semoga bermanfaat.

(vem/tew)
KOMENTAR PEMBACA
Foto Nude Kendall Jenner - Hailey & Bieber Sudah Nikah?