1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS AND TRICKS

7 Bahan Membersihkan & Menjaga Sepatu Kulit dan Boots Awet

Senin, 05 Maret 2018 13:15 Penulis: Febi Anindyakirana
Membersihkan sepatu kulit dan boots/ copyright Pexels.com

Vemale.com - Punya sepatu memang sudah seharusnya dirawat dengan baik agar awet dan tidak mudah kotor, apalagi jika kamu punya sepatu boots dan sepatu kulit mahal. Jika disimpan dan dirawat dengan baik, ini bisa jadi investasi jangka panjang untuk tampil keren.

7 bahan alami merawat sepatu kulit/copyright Pexels.com

1. Pasta gigi
Pasta gigi berfungsi sebagai sabun yang membersihkan debu dan mengkilapkan permukaan sepatu kulit. Cukup ambil pasta gigi secukupnya dan sikat pada sepatu dengan sikat gigi bekas dan bersihkan dengan kain basah.

2. Baking soda
Baking soda, seperti fungsinya dalam membersihkan peralatan dapur dan lainnya, ternyata juga bisa membersihkan sepatu kulit dan boots. ukup mencampurkannya dengan sedikit air dan campuran ini bisa digosokkan ke sepatu untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel.

3. Cuka
Campurkan 1 sdm cuka dengan 1 sdm air, celupkan kain bersih dan gosok pada sepatu untuk membersihkannya.

4. Semir sepatu
Ini adalah yang paling efektif mengkilapkan sepatu kulit dan boots jika warna sepatumu hitam, cokelat dan warna gelap lainnya. Sikat dengan sesekali mencelupkan pada semir sepatu. Biarkan kurang lebih 5 menit, balu lap bersih dengan kain kering.

5. Alkohol
Alkohol juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada sepatu kulit yang susah hilang. Namun jangan terlalu banyak menggunakannya jika tak ingin rusak.

6. Minyak kelapa
Minyak kelapa bisa mengkilapkan sepatu kulit hingga tampak baru lagi. Lebih baik gunakan setelah membersihkan sepatu dengan cuka, lemon atau baking soda. Minyak juga bisa mencegah jamur pada sepatu.

7. Vaseline
Seperti misal, Vaseline berfungsi mengkilapkan sepatu kulit, namun juga bisa menghaluskan dan melembutkan bahan kulit agar tidak berkerut, pecah dan rusak karena jarang dipakai dan sering terkena udara.

Itu dia sekian bahan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan dan merawat sepatu kulit dan boots jika ingin sepatu-sepatu tersebut awet tahan lama dan bagai baru terus.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Suka Unggah Caption Lucu, Apa Alasan Ferry Salim?