KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS AND TRICKS

Agar Baju Tidak Apek Saat Musim Hujan, Begini Trik Mencuci & Merawatnya

Rabu, 06 Desember 2017 12:30 Penulis: Rohmitriasih
Mencuci baju di musim hujan/copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sering kali kita mendapati baju sehari-hari mudah berbau apek dan kumal saat musim hujan. Meski telah dicuci hingga sangat bersih, sinar matahari yang kurang tidak jarang membuat baju jadi susah kering. Masih di musim penghujan, baju yang kita kenakan juga mudah kotor dan akan lebih cepat menumpuk. Selain sangat menyebalkan, moment ini juga sering bikin kesal dan melelahkan.

Walau saat ini kita berada di puncak musim penghujan, kamu nggak perlu khawatir bahwa baju akan terus berbau dan kumal ladies. Dengan cara pencucian yang tepat, menyetrika dan penyimpanan baju yang tepat, baju-baju kamu juga keluarga di musim hujan akan tetap senantiasa terlihat bersih, wangi dan terawat. Begini trik mencuci dan merawat baju di musim penghujan.

Saat Mencuci Baju
Saat mencuci baju, pisahkan baju berdasar warna, jenis baju dan bahan kain. Jika mencuci dengan cara dikucek, kucek hingga benar-benar bersih. Bila perlu, sikat hingga semua kotoran terangkat. Tapi ingat, jangan terlalu keras saat mengucek dan menyikat baju agar bahan kain tidak mudah rusak. Jika kamu mencuci di mesin cuci, pastikan selalu mencuci dengan hati-hati. Cuci hingga baju benar-benar bersih. Bilas baju 3 sampai 4 kali dan pastikan tak ada sisa sabun yang tertinggal.

Rendam Baju Dengan Pewangi Pakaian
Setelah dibilas hingga benar-benar bersih, rendam baju dengan pewangi pakaian. Rendam kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Untuk penggunaan pewangi, usahakan untuk menggunakan pewangi yang berkualitas dengan aroma yang lembut atau tidak terlalu menyengat. Pewangi yang aromanya terlalu menyengat dikhawatirkan justru membuat aroma baju jadi bau saat musim hujan.

Saat Mengeringkan Baju
Setelah dibilas, peras baju hingga kandungan airnya benar-benar berkurang. Buat yang mencuci di mesin cuci, peras hingga benar-benar kering. Selanjutnya, jemur di tempat terbuka yang terdapat anginnya. Usahakan agar bagian atas jemuran tertutup kaca atau atap yang menerawang. Usahakan pula untuk memberi lampu atau penerangan di jemuran agar baju cepat kering dan tidak terlalu lembab.

Menyetrika Baju
Usai dijemur dan baju kering, usahakan agar segera menyetrika baju. Saat menyetrika, pastikan bahwa panas setrika sesuai dengan bahan kain baju. Jangan menyetrika dengan suhu panas terlalu tinggi dan suhu terlalu rendah. Jika baju benar-benar kering, kamu bisa menyemprotkan pewangi dan kemudian menyetrika lagi di tahap akhir atau merapikan baju.

Menyimpan Baju
Simpan baju di tempat yang kering dan tidak lembab. Agar baju yang disimpan selalu rapi, simpan baju sesuai bahan kain. Simpan juga baju berdasar jenis. Simpan atasan atau kemeja bersama kemeja, kaos bersama kaos, baju berbahan jeans bersama sejenisnya dan baju daleman atau aksesoris bersama aksesoris. Cara menyimpan seperti ini selain memudahkan kamu dalam mencari baju, ini juga bisa membuat isi lemari selalu rapi. Untuk baju yang susah dilipat, alangkah baiknya disimpan dengan cara digantung.

Ladies, itulah trik mencuci dan merawat baju saat musim hujan agar tidak bau apek. Trik yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba trik ini dan semoga bermanfaat.


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Pakaian
  2. Tips
  3. Baju