KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS AND TRICKS

Tips Merawat dan Memelihara Tas Branded Kulit, Suede dan Kanvas

Jum'at, 28 Juli 2017 13:40 Penulis: Syella Melinda
Ini dia cara merawat dan menyimpan tas branded/ copyrught Pexels.com

Vemale.com - Hey Ladies, siapa sih yang tidak suka memelihara tas? Terutama tas yang branded dengan harga yang fantastis. Umumnya para wanita pasti dengan senang hati mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk membeli beberapa macam tas yang mereka suka dan mereka inginkan, seperti tas yang berbahan dasar kulit, tas yang berbahan dasar suede (kulit sapi balik) dan tas yang berbahan dasar kanvas.

Namun sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang tahu cara merawat tas yang benar sehingga membuat mereka seringkali harus berganti model tas.
Nah, buat kamu yang suka mengoleksi tas branded, mau tau bagaimana cara merawat tas dengan benar sesuai dengan bahannya? Yuk simak tips di bawah ini.

Tas Kulit
Tas yang satu ini digemari oleh banyak wanita, baik di kalangan muda, atau pun tua. Bahkan jenis tas kulit pun beragam, contohnya ada yang berbahan Cow leather (Kulit sapi tua) dan Soft leather (kulit anak sapi).

Cara merawat tas kulit/copyright Pexels.com


Berikut adalah langkah-langkah dalam merawat tas kulit.

Ketika kamu hendak memakai tas berbahan dasar kulit, sebaiknya dibersihkan dahulu dengan menggunakan kapas pembersih wajah atau menggunakan kain flannel.

  1. Bersihkan bagian dalam tas,
  2. Setelah bagian dalam dibersihkan dengan kapas pembersih wajah atau kain flannel,
  3. Ambil lagi kapas atau kain kering yang baru.
  4. Gunakan lotion khusus pembersih tas “Leather & Vinyl”.
  5. Setelah itu, tuangkan lotion di kapas pembersih wajah atau kain flannel dan ratakan. Lalu, usap secara perlahan dengan lembut ke seluruh bagian luar kulit tas.

Setelah bagian luar tas sudah di bersihkan, letakkan tas di tempat yang sejuk selama 1 jam dan tidak terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Karena bisa merusak bahan kulit tas tersebut.

Jika tas sudah mengering, masukkan balon plastik tas yang kamu dapatkan saat pertama membeli tas.

Balon plastik tas tersebut berfungsi agar bentuk tas tidak berubah. Lalu, jika penyimpanan tas yang tidak menggunakan cover (pembungkus) , alangkah baiknya disimpan di lemari kaca. Dan jarak untuk meletakkan tas tersebut, pastikan tidak berdekatan dengan tas yang lainnya agar tas tidak menempel sesama kulit tas yang lain.

Tas Suede
Tas suede, istilah ini pertama kali digunakan di Negara Perancis untuk mewujudkan jenis sarung tangan lembut yang di impor dari Swedia. Tas ini adalah jenis kulit dengan permukaan halus, seperti beludru. Pada umumnya, tas berkulit ini terbuat dari kulit sapi.

Cara merawat tas suede/ copyright Pexels.com

Berikut adalah langkah-langkah dalam merawat Tas Suede.

  1. Usap secara perlahan seperti mengusap kulit bayi dengan kain flannel kering.
  2. Hindari menyimpan tas dengan menempel pada celana yang berbahan dasar jeans dan alas yang kasar karena akan merusak bahan kulit suede itu sendiri.
  3. Untuk tali tas suede, sebaiknya jangan disatukan di dalam cover (pembungkus), agar tali tidak menempel pada bagian permukaan.

Penyimpanan tas sebaiknya menggunakan balon plastik di dalam tas. Masukkan tas ke dalam cover agar tidak terkena debu atau noda seperti noda minuman, saus, dan makanan. Bila tas anda terkena noda, noda apapun itu bahan dari tas ini perlahan akan rusak.

Tas Kanvas
Tas yang satu ini terbuat dari bahan kain kanvas. Keunggulan dari tas ini yaitu memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan untuk membawa bobot yang cukup berat.

Cara merawat tas kanvas/ copyright Pexels.com

Berikut adalah langkah-langkah dalam merawat Tas Kanvas.

  1. Untuk membersihkan tas berbahan kanvas ini, kamu bisa coba menggunakan sikat yang khusus untuk tas, untuk menghilangkan debu yang terdapat di tas kamu.
  2. Pada tahap penyimpanan, tas kanvas ini bisa kamu letakkan di mana saja, karena bahan tersebut tidak sensitif dan lebih kuat.

Apabila tas kanvas ini kotor, bahkan terkena noda seperti terkena air minuman bersoda, noda makanan, kamu bisa mencucinya di laundry khusus tas. Tas berbahan kanvas ini sangat mudah untuk dibersihkan.

Selain dari tips di atas, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam perawatan tas-tas tersebut, ladies. Apabila kamu tidak memiliki lotion “Leather & Vinyl” khusus kulit tas asli bisa menggunakan susu pembersih yang berwarna putih.

Jangan pernah mencoba membersihkan tas dengan menggunakan minyak kayu putih. Karena akan merusak bahan dari tas tersebut dan jangan membersihkan tas dengan kain Kanebo, karena hal ini bisa berakibat fatal untuk tas kamu.

Jika kamu memiliki tas branded, ada baiknya kamu membeli perangkat tas atau aksesoris tas yang hilang seperti merk, mur, kancing, resleting. Dan sebaiknya, kamu membelinya di toko resmi tempat awal membeli tas.

Apabila kamu membetulkan tas yang rusak di tempat jasa pembersihan tas (laundry tas), kamu sebagai konsumen harus memperhatikan kondisi tas, agar tidak adanya penipuan. Karena aksesoris tas akan jauh lebih mahal harganya daripada tas yang kamu beli.

Itu dia tips dan cara untuk merawat tas sendiri di rumah. Mudah kan? Kini kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk merawat tas. Dengan merawat sendiri barang kesayangan kita, kita pun dapat menghemat uang dan tidak perlu gonta-ganti tas secara terus-menerus.

So, selamat mencoba!

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA